Sebar Hoaks Covid-19, Denda 1 Milyar dan Penjara 6 Tahun Menanti

Sebar Hoaks Covid-19, Denda 1 Milyar dan Penjara 6 Tahun Menanti

19/04/2020 11:18 0 By Syakir

Menkominfo Johnny G Plate

Hulondalo.id – Jangan sembarang menyebar informasi, kalau belum pasti kebenarannya. Apalagi, sengaja menciptakan hoaks, seputar informasi covid-19. Jika terbukti melanggar, kurungan penjara 6 tahun dan denda 1 milyar menanti.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sendiri, telah bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia, dan hingga kini berhasil mengamankan sedikitnya 89 tersangka. 14 diantaranya ditahan, 75 orang lagi sementara proses pemeriksaan.

“Memproduksi maupun meneruskan hoaks, adalah tindakan melanggar hukum. Itu berpotensi dikenakan pasal pidana yang bisa sampai lima hingga enam tahun penjara dan denda Rp1 miliar,” ujar Menkominfo, Johnny G Plate, di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Sabtu (18/4/2020).

Tak hanya itu, dalam penelusurannya, Kominfo berhasil menemukan 554 isu hoaks yang tersebar di 1.209 platform digital, baik itu di Facebook, Instagram, Twitter hingga Youtube.

Rangking teratas dengan temuan hoaks terbanyak adalah facebook, yang mencapai 861 kasus, twitter 204 kasus, instagram 4 kasus, dan 4 kasus lagi youtube.

Dari total sebaran hoaks itu, sedikitnya 893 sudah berhasil ditake down, sedangkan 316 sisanya, masih dalam proses. “Kita batasi diri kita dan gunakan ruang digital, smartphone dan seluruh fasilitas yang dimiliki dengan baik,” pungkasnya. (zhk/hms)