Sebelum Dibagikan, Hewan Kurban dari Polres Tulungagung Dipastikan Sehat

Sebelum Dibagikan, Hewan Kurban dari Polres Tulungagung Dipastikan Sehat

31/07/2020 21:18 0 By Maman

Kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia, menyerahkan hewan kurban di lokasi penyembelihan kurban kompleks RS Bhayangkara. (foto:istimewa)

Hulondalo.id (Tulungagung) – Pengecekan kesehatan fisik dilakukan terhadap hewan kurban dari Polres Tulungagung, sebelum dibagikan kepada masyarakat. Total ada, 11 ekor sapi dan 51 ekor kambing disiapkan keluarga besar Polres Tulungagung.

Momentum perayaan Idul Adha 1441 Hijriah kali ini, hewan kurban dari Polres Tulungagung ini, diserahkan di lokasi penyembelihan kurban kompleks RS Bhayangkara, Jumat (31/07/2020). Dari 11 ekor sapi, dua ekor dipotong di lokasi.

Sembilan ekor sapi lainnya kami salurkan ke berbagai pondok pesantren, panti asuhan hingga ke perguruan pencak silat di Tulungagung, hewan kurban tersebut antara lain dari Kapolres, Kapolda dan para Kasat,” kata Kabag Sumda Kompol Mustafa Alhada yang juga Panitia Kurban.

Sementara, untuk puluhan ekor kambing kata dia, telah disalurkan ke masyarakat untuk dipotong dan dibagikan. Seluruh hewan kurban yang akan disembelih kata Mustafa lagi, telah dinyatakan sehat fisik.

“Pada umumnya, hewan telah dicek jeroannya, terutama hati, paru-paru, limpa, ginjal dan jantung, terutama pada sapi, petugas juga memastikan tidak terdapat cacing pita,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia mengatakan, tema perayaan Idul Adha tahun ini, menanamkan nilai-nilai pengorbanan dan keikhlasan pengabdian insan Bhayangkara yang bertakwa, ditengah pandemi Covid-19.

“Kita sebagai Bhayangkara melaksanakan kegiatan berkurban untuk mewujudkan kepedulian. Banyak masyarakat yang membutuhkan daging kurban. Saatnya kita untuk peduli dan berbagi,” katanya.

“Idul Adha ini juga mengingatkan manusia bahwa, jalan menuju kebahagiaan butuh pengorbanan,” tambahnya.

Pandia berharap, kedepan seluruh anggota kepolisian khususnya Polres Tulungagung dan jajaran untuk meningkatkan kegiatan ibadah, termasuk ibadah kurban.

“Semoga yang kita laksanakan ini menjadi nilai ibadah,” tutupnya. (MO)