Seekor Ikan Paus Berbobot 1 Ton Terdampar di Bone Pantai

04/01/2020 15:58 0 By Alex

Seekor ikan paus yang memiliki bobot sekitar 1 Ton dengan panjang 5 Meter terdampar di pesisir pantai Desa Tolotio, Kecamatan Bone Pantai, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Sabtu (4/1/2020). (F. Istimewa)

Hulondalo.id – Seekor ikan paus dengan sepanjang 5 Meter ditemukan nelayan terdampar di pesisir pantai Desa Tolotio, Kecamatan Bone Pantai, Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Sabtu (4/1/2020).

Sebelumnya, ikan paus tersebut ditemukan oleh nelayan setempat masih dalam kondisi hidup. Akan tetapi sulitnya evakuasi dikarenakan bobot ikan paus yang mencapai kurang lebih 1 ton membuat hewan mamalia tersebut mati akibat terlalu lama berada di bibir pantai.

Menurut warga setempat, rupanya kejadian ini bukanlah pertama kali terjadi di wilayah pesisir Bone Pantai. Kejadian serupa juga pernah terjadi pada tahun 2000 silam.

“Tahun 2000 juga pernah terjadi seekor ikan paus yang terdampar di pesisir pantai Bone Pantai ini, jadi ini bukan pertama kali,” ungkap Kepala Dusun Desa Tolotio Bobi Udoki.

Karena terlalu lama terdampar di bibir pantai, ikan paus tersebut akhirnya mati.

Saat ini, bangkai hewan mamalia laut itu masih menunggu petugas Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Laut (BPSPL) untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.(Jeff)