Sejumlah ASN dan Warga Lokal Sulit Lewati Perbatasan, Erwin: Mereka itu Bekerja, Bukan Mudik!

Sejumlah ASN dan Warga Lokal Sulit Lewati Perbatasan, Erwin: Mereka itu Bekerja, Bukan Mudik!

26/04/2021 14:52 0 By Alex

Anggota DPRD Provinsi Gorontalo Erwinsyah Ismail.

Hulondalo.id – Ketua Fraksi Demokrat DPRD Provinsi Gorontalo, Erwinsyah Ismail meminta Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk mengeluarkan edaran bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pekerja lokal di perbatasan Gorontalo saat berlaku larangan mudik.

Alasannya, para ASN yang keluar masuk melalui perbatasan Gorontalo itu bukan dalam rangka mudik, tapi untuk bekerja.

“Saya tadi malam mendapatkan inbox dari beberapa ASN yang kerjanya di bagian perbatasan yang berdomisili di Provinsi Gorontalo. Dia itu bekerja, bukan melakukan mudik keluar masuk Gorontalo,” kata Erwin, Senin (26/4/2021).

Tak hanya itu, bagi pekerja lokal yang jualan di wilayah perbatasan juga harus diberikan kelonggaran. Sebab, banyak aktivitas masyarakat Gorontalo berada di perbatasan.

Menurutnya, banyak masyarakat Gorontalo yang keluar masuk Gorontalo yang memang pekerjaan mereka di luar Gorontalo, namun mereka tetap bertempat tinggal di Gorontalo.

“Harus ada spesifikasi surat edaran larangan mudik tersebut,” tegas dia.

Erwin meminta dalam penutupan seluruh akses nanti tidak diperbolehkan bagi pemudik, tidak boleh dilewati oleh satu keluarga yang utuh, tapi jikalau ada yang memperlihatkan bahwa dia seorang ASN yang bekerja di suatu daerah wajib di perbolehkan untuk melewati akses penutupan larangan mudik.

“Contoh dalam pemberlakuan seperti di Jakarta, wilayah Jabodetabek, masyarakatnya diperbolehkan untuk melewati perbatasan akses jalan yang ditutup saat mudik,” kata Erwin.

“Kita Anggota DPRD Provinsi Gorontalo awal Mei nanti akan memulai sosialisasi edaran mudik nanti, agar masyarakat bisa paham dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo,” sambungnya.(Inkri)