Sekda Dorong Peran Penyuluh Demi Kemajuan Pertanian Pohuwato

Sekda Dorong Peran Penyuluh Demi Kemajuan Pertanian Pohuwato

07/08/2019 22:56 0 By Yadin

Rakor yang digelar di Dinas Pertanian yang dibuka oleh Sekda Djoni. (f.iwan)

Hulondalo.id – Sekretaris Daerah Pohuwato Djoni Nento membuka rapat koordinasi (Rakor) Upaya Khusus (Upsus) Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale) yang berlangsung Rabu (7/8/2019) di aula Dinas Pertanian Pohuwato.

Rakor ini dihadiri Plt. Kadis Pertanian Pohuwato Ikbar AT. Salam, Kepala BPS Pohuwato serta Kapusluh Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian.

“Upsus Pajale sudah menjadi program pemerintah termasuk di Pohuwato. Sehingganya sangat diharapkan peran dari para penyuluh untuk mengembangkan dan menjalankan program tersebut sampai ke tingkat bawah,” kata sekda dalam sambutannya.

“Artinya, masyarakat petani bisa menjalankan program ini. Karena akan besar manfaatnya bila benar-benar menerapkan program tersebut. Karena disamping menanam padi, jagung, petani juga bisa menanam kedelai. Sehinggga itu terapkan ini dengan baik kepada masyarakat tani,” harapnya.

Untuk itu peran penting dari para penyuluh sangat diharapkan. “Kerja dan kerja dari penyuluh sangat menentukan kemajuan dari sektor pertanian yang ada di Pohuwato. Bila perlu kita jadikan Pohuwato sebagai produsen dan bukan daerah konsumen. Artinya, bila kita sudah menjadi daerah produsen, maka akan banyak uang yang masuk karena orang akan belanja di Pohuwato, sekalipun uang itu mengalir ke masyarakat bukan kepada kita. Akan tetapi itu tugas kita dan itu adalah dampak dari ekonomi makro,” pungkasnya. (Dhin)