Sekda Ridwan: ASN Ikut Ujian Kenaikan Pangkat Harus Diluluskan

Sekda Ridwan: ASN Ikut Ujian Kenaikan Pangkat Harus Diluluskan

06/03/2020 23:06 0 By Maman

Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin membuka pelaksanaan Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijasah ASN Gorontalo Utara. (Foto:hms)

Hulondalo.id – Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin mengatakan, ASN yang mengikuti ujian kenaikan pangkat, agar dapat diluluskan semuanya. Ujian kata dia, berupa pembekalan kembali kepada para ASN.

“Sertifikat harus tetap diberikan, agar pangkat para ASN bisa segera naik,” kata Sekda usai membuka kegiatan Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah ASN di Aula BKPP Gorontalo Utara, Jumat (6/3/2020).

Dalam ujian kali ini, puluhan ASN mengikutinya. Sekda juga menjelaskan, dalam manajemen ASN, ujian dinas harus dilalui untuk kenaikan pangkat, jika tingkat pendidikannya tidak diperoleh.

Ujian dinas ini kata dia, ada beberapa macam, seperti ujian dinas tingkat 1, ujian dinas tingkat 2 dan penyesuaian ijazah.

Pengalamannya saat masih bertugas di Pemprov Gorontalo sebagai Kepala Biro Hukum, tak sebagian besar ASN yang mengikuti ujian dinas, tidak lulus. Dia memberi contoh, ASN yang mengikuti ujian dinas jumlahnya 100 orang. Namun yang lulus hanya mencapai 30 sampai 40 orang.

“Tapi, begitu saya masuk di BKD provinsi, semua ASN yang ikut ujian dinas harus kita luluskan, itu persyaratan untuk kenaikan pangkat,” tutur Sekda.

Menurutnya lagi, ujian dinas merupakan pembekalan kepada ASN. Mengingatkan kembali tugas pokok dan fungsi ASN. Jika sebelumnya sudah lupa, maka diingatkan lagi, disadarkan lagi.

Sebagai penanggung jawab dari sekian ASN yang mengikuti ujian, Sekda menyampaikan, silahkan wawancarai mereka, diingatkan, terus didorong menjadi ASN yang lebih baik dan bisa dikembangkan potensinya.

“Setelah ujian dinas diikuti, maka segera kita keluarkan sertifikatnya, nilainya kita himpun kita naikkan pangkatnya,” tambahnya. (Prin/Adv)