Sekda Ridwan Vidcon Bersama Wapres, Bahas Penyederhanaan Reformasi Birokrasi

Sekda Ridwan Vidcon Bersama Wapres, Bahas Penyederhanaan Reformasi Birokrasi

11/08/2020 22:12 0 By Maman

Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin mengikuti Rakor bersama Wapres RI, Ma’ruf Amin melalui vidcon. (foto:hms)

Hulondalo.id – Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin, mengikuti Rakor penyederhanaan reformasi birokrasi bersama Wapres RI Ma’ruf Amin. Rakor ini juga diikuti Sekda Kabupaten/Kota dan Provinsi se Indonesia serta sejumlah Menteri terkait.

Penyederhanaan ini kata Sekda, kedepan ASN yang berkarir selama puluhan tahun, tidak akan dirugikan. Ketika dialihkan ke jabatan fungsional juga tidak dirugikan di masa depannya, termasuk terkait dengan kesejahteraan.

“Misalnya di jabatan struktural katakanlah mereka bagus, tiba-tiba mereka di fungsional mereka terpuruk, itu yang tidak diinginkan,” tutur Sekda.

Pemerintah pusat kata Sekda, kini sedang menyusun regulasi yang tepat, dalam rangka menjamin kesejahteraan dan keberlangsungan ASN dalam berkarir.

Sementara itu, mengutip penyampaian Mendagri Tito Karnavian kata Sekda, rakor ini juga antara lain menekankan pada penataan sistem manajemen Sumber Daya Manusia ASN. Untuk mewujudkannya, ada enam langkah strategis yang dikenal dengan Human Capital Manajemen Strategis.

Enam langkah tersebut antara, perencanaan. Dalam artian bahwa, perencanaan ASN diseluruh instansi, harus didasarkan pada arah pembangunan nasional. Berikutnya kata Sekda, pengembangan kompetensi.

“Pengembangan kompetensi ini dilakukan dengan standar kompetensi jabatan, melaksanakan kebijakan diklat 20 jam,” ungkap Sekda.

Begitu juga terhadap penilaian kinerja dan pemberian penghargaan, tidak hanya pada kualitas kinerja, namun juga 360 derajat perilaku ASN.

“Penilaian tidak hanya saat ASN bekerja, tapi sikap dia sehari-hari dan lainnya juga masuk,” tutur Sekda. (Prin/Adv)