Sekolah Sistem PTMT, Solusi Atasi Siswa Menikah Dini

Sekolah Sistem PTMT, Solusi Atasi Siswa Menikah Dini

01/09/2021 19:48 0 By Syakir

Nelson Pomalingo

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo.

Hulondalo.id – Tutupnya sekolah akibat pandemi covid-19, menimbulkan berbagai dampak negatif. Salah satunya, naiknya angka putus sekolah dan diikuti tingginya pernikahan dini.

Bagi Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, tidak ada solusi alternatif selain mendorong dibukanya kembali aktifitas belajar mengajar di sekolah. Tentunya dengan penerapan protokol kesehatan.

Nah, di Kabupaten Gorontalo sendiri kata Nelson, pihaknya sudah melakukan evaluasi dan menginventarisir sekolah mana saja, yang berada di zona hijau.

“Program ini kami namakan PTMT, yakni Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan berlokasi di zona hijau,” ungkap Nelson, Rabu (1/9/2021).

Dengan sistem PTMT ini lanjut Nelson, nantinya aktifitas pembelajaran akan dilakukan secara bergantian. Contoh, dalam satu kelas yang biasanya diisi 30 siswa, akan dibatasi jadi 15 siswa.

“Sisanya 15 siswa lain, menunggu waktu berikut untuk menerima pelajaran pada hari yang sama,” jelas Bupati Gorontalo Dua Periode itu.

Tak hanya itu, ikhtiar lainnya yang dilakukan pemerintah adalah, mendorong percepatan vaksinasi untuk siswa atau remaja, guna menunjang kelancaran PTMT tersebut. (adv)