Selain Stunting dan JKN, Harga Obat dan Alkes Jadi Isu Utama HKN 2019

Selain Stunting dan JKN, Harga Obat dan Alkes Jadi Isu Utama HKN 2019

19/11/2019 18:50 0 By Alex

Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2019 yang mengusung tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”, Selasa (19/11/2019). (F. Fikri/Humas)

Hulondalo.id – Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 Tahun 2019 dengan mengangkat tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”, Selasa (19/11/2019).

Pada peringatan HKN 2019 itu, setidaknya ada sejumlah isu utama kesehatan yang harus diselesaikan oleh pemerintah. Diantaranya masalah stunting, Jaminan Kesehatan Nasional, tingginya harga obat-obatan dan alat kesehatan (Alkes), serta rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri.

“Menegaskan arahan Presiden, bahwa ada 2 isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun SDM yang berkualitas, yaitu Stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional. Selain itu, tingginya harga obat dan alat kesehatan serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri yang juga harus diatasi,” kata Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI.

Dikatakan Wakil Gubernur Idris Rahim, dalam kurun waktu 5 tahun, angka stunting telah turun sebesar 5% dalam skala Nasional. Sementara untuk Provinsi Gorontalo, turun 2% menjadi 32%.

Sementara terkait JKN, menurut Idris, telah dilaksanakan sepenuhnya. Walaupun besar tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan JKN ini, peningkatan pemanfaatan JKN menjadi bukti bahwa JKN  sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

“Untuk itu, mari kita cari solusi bagaimana mengatasi masalah yang dihadapi saat ini dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan yang lebih adil dan merata,” pinta Wakil Gubernur Idris Rahim.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim menyerahkan penghargaan Papa Germas kepada Kepala Bapppeda Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki pada puncak peringatan HKN ke-55 Tahun 2019 tingkat Provinsi Gorontalo, Selasa (19/11/2019).

Pada puncak peringatan HKN ke-55 tingkat Provinsi Gorontalo, juga diberikan beberapa penghargaan dengan kategori seperti  tenaga kesehatan teladan puskesmas, puskesmas berprestasi, tenaga kefarmasian pengelola obat instalasi farmasi berprestasi, pengelola data SDMK terbaik, dan pengelola surveilans imunisasi.

Pada kesempatan itu pula diserahkan penghargaan Papa Germas kepada Budiyanto Sidiki yang merupakan Kepala Bapppeda Provinsi Gorontalo.(adv/alex)