Selain Waduk, Rusli Ingin Bangun Rumah Susun Bagi Warga yang Tinggal di Bantaran Sungai

Selain Waduk, Rusli Ingin Bangun Rumah Susun Bagi Warga yang Tinggal di Bantaran Sungai

31/07/2020 21:59 0 By Alex
Gubernur Gorontalo

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie. (f.dok)

Hulondalo.id – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie terus mencari solusi untuk penanganan banjir yang kerap menjadi langganan warga Kota Gorontalo dan Bone Bolango saat musim penghujan tiba.

Selain memperjuangkan pembangunan waduk Bone Ulu, Gubernur Rusli Habibie juga tengah mengusulkan pembangunan rumah susun khusus bagi warga Gorontalo yang tinggal di sepanjang bantaran sungai.

“Kami (Pemerintah Provinsi Gorontalo) akan coba siapkan lahan. Kita akan bermohon kepada pemerintah pusat lewat Bappenas dan Kementerian PUPR untuk membangun rumah susun bagi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai,” kata Gubernur Rusli Habibie, Jumat (31/7/2020).

“Akan tetapi, sebelum itu prioritas utama kita adalah memperbaiki hulu yang harus dibuatkan waduk,” sambung dia.

Saat pemaparan dengan Bappenas baru-baru ini, Gubernur Rusli Habibie mengaku sudah memaparkan tentang rencana relokasi warga yang tinggal di sepanjang bantaran sungai.

Pihak Bappenas pun yang dikomandani Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, telah meminta lokasi untuk merelokasi warga Gorontalo yang bermukim di bantaran sungai.

Namun demikian, untuk penentuan lokasinya di Kota Gorontalo, Gubernur Rusli Habibie masih akan berkonsultasi dengan Walikota Gorontalo Marten Taha.

“Saya juga sudah ketemu BNPB untuk segera mengajukan proposal pengajuan bantuan untuk perbaikan infrastruktur yang rusak akibat bencana alam,” kata Rusli.

Gubernur Gorontalo juga mengingatkan kepada masyarakat agar tidak ada lagi merusak alam seperti penebangan hutan yang bisa berakibat buruk untuk masyarakat.

“Jangan merusak alam, semisal merusak hutan, hutannya dibakar, ada penambang-penambang liar. alam ini harus kita jaga,” tandas Rusli.(adv/alex)