Selamat Jalan Prof Hasan Abas Nusi, Sang Pejuang Provinsi Gorontalo

Selamat Jalan Prof Hasan Abas Nusi, Sang Pejuang Provinsi Gorontalo

08/08/2020 14:07 0 By Alex

Hasan Abas Nusi

Dokumentasi Prof Dr Hasan Abas Nusi bersama istri, (Alm) Ny Ony Nusi saat masih menjabat Wakil Gubernur Sulawesi Utara.

Hulondalo.idInnalilahi wa Innailaihi Rojiun. Provinsi Gorontalo hari ini telah kehilangan putra terbaik, seorang tokoh yang sangat inspiratif, seorang pejuang, pahlawan, sesepuh, deklarator dan inisiator pembentukan Provinsi Gorontalo, Prof Dr Hi Hasan Abas Nusi SE Dipl Spa MM.

Mantan Wakil Gubernur Sulawesi Utara dan mantan Walikota Gorontalo itu meninggal dunia di Bele li Niku, Jalan HB Jassin, Kota Gorontalo pada pukul 09.50 Wita hari ini, Sabtu (8/8/2020).

Almarhum Hasan Abas Nusi meninggal dunia pada usia 83 tahun. Menurut informasi dari keluarga, Almarhum akan dikebumikan hari ini juga pada ba’da sholat Ashar nanti.

Sebelumnya, Hasan Abas Nusi merintis karir pemerintahannya sebagai birokrat. Hasan Abas Nusi pernah menjadi Kepala Bappeda Sulawesi Utara di masa pemerintahan Gubernur HV Worang. Kemudian Hasan Abas Nusi menjabat Walikota Gorontalo periode 1978-1983.

Setelah itu, Hasan Abas Nusi sempat mengisi posisi di Departemen Dalam Negeri kemudian didaulat menjadi Wakil Gubernur Sulawesi Utara mendampingi Letjen (Purn) EE Mangindaan periode 1995-2000.

Hasan Abas Nusi meninggal dunia

Foto dokumentasi keluarga: Almarhum Hasan Abas Nusi bersama istri Almarhumah Ny Onie Liem Nusi.

Almarhum Hasan Abas Nusi juga menjadi sosok sentral terhadap pembentukan Provinsi Gorontalo Tahun 1999 saat masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Utara.

Kala itu, Hasan Abas Nusi memilih mendukung penuh pembentukan Provinsi Gorontalo sehingga menghilangkan peluangnya menjadi Wakil Gubernur periode ke dua bersama Gubernur Sulawesi Utara saat itu, EE Mangindaan.

Mengutip tulisan senator Elnino Husain Mohi: “Jabatan Wakil Gubernur hanyalah untuk saya, dan itupun hanya 5 Tahun. Tapi Provinsi Gorontalo untuk umat, seluruh rakyat Gorontalo dan itu selama-lamanya,” kata Hasan Abas Nusi.(Narto)