Selamat yaa.. Ini Dia Nou dan Uti Provinsi Gorontalo 2019

30/11/2019 01:44 0 By Alex

Grand Final Pemilihan Nou dan Uti Provinsi Gorontalo Tahun 2019 yang digelar di ballroom Hotel Damhil Kota Gorontalo, Jumat (29/11/2019). (F. Haris/Humas)

Hulondalo.id – Grand Final pemilihan Nou dan Uti Provinsi Gorontalo Tahun 2019 akhirnya selesai dihelat, Sabtu (30/11/2019).

Setelah melewati tahapan penjurian yang cukup panjang dan ketat, predikat Nou Provinsi Gorontalo Tahun 2019 disandang oleh Audia Paramata wakil dari House of Abhie. Sedangkan Uti Provinsi Gorontalo Tahun 2019 disabet oleh Ibnu Fajar Prasetyo wakil dari Kabupaten Pohuwato.

Mereka berdua resmi menyandang Nou dan Uti Provinsi Gorontalo Tahun 2019 menyingkirkan 22 finalis lainnya pada ajang tahunan bergengsi yang diprakarsai Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo itu.

 

Sebelumnya, Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim yang membuka Grand Final Pemilihan Nou dan Uti Provinsi Gorontalo Tahun 2019 mengatakan, tugas dan tanggung jawab Nou dan Uti bukanlah perkara mudah. Mereka harus menjadi duta wisata yang mampu mempromosikan potensi daerah Gorontalo.

Selain itu, Wakil Gubernur Idris Rahim berharap agar pemilihan Nou dan Uti Provinsi Gorontalo dapat melahirkan putri dan putra Gorontalo yang berwawasan luas, memahami beragam adat dan budaya Gorontalo, serta memiliki kecakapan dalam mempromosikan potensi wisata Gorontalo.

Setiap tahun pemilihan Nou dan Uti harus lebih berkualitas. Mereka harus memiliki ilmu pengetahuan yang luas, mampu berbahasa Gorontalo dan bahasa Indonesia yang baik, dan juga bahasa internasional,” papar Wakil Gubernur Idris Rahim.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili menjelaskan, Pemilihan Nou dan Uti Provinsi Gorontalo Tahun 2019 ini untuk pertama kalinya penyelenggara memasukkan kategori Nou dan Uti Duta Anti Narkoba serta Nou dan Uti Duta Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Ini pertama kalinya sejak Nou dan Uti digelar Tahun 2002. Selain Duta Anti Narkoba dan Duta Germas, ada juga kategori yang rutin dipilih setiap tahun yaitu kategori persahabatan, favorit, fotogenic, serta Nou dan Uti berbakat,” tambah Rifli.

Pemilihan Nou dan Uti Provinsi Gorontalo Tahun 2019 juga merupakan rangkaian dari peringatan HUT Provinsi Gorontalo ke-19 yang bertujuan mendorong generasi muda Gorontalo untuk berprestasi dan berpartisipasi dalam bidang kepariwisataan dan kebudayaan.

“Harapan kami, finalis Nou dan Uti menjadi penggerak bagi generasi muda yang mampu memotivasi masyarakat untuk ikut melestarikan Sapta Pesona Nusantara melalui gerakan sadar wisata,” tandas Rifli.(adv4/alex)