Seleksi Calon PPK, Muhadir: Tak Ada yang Pernah Menjabat Dua Periode

11/02/2020 07:34 0 By Maman

Tes wawancara dilakukan Komisioner KPU Tolitoli Muhadir kepada para calon PPK Pilkada Tolitoli 2020.

Hulondalo.id – 101 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada Tolitoli 2020, dipastikan tak ada yang pernah menjabat selama dua periode. Dan mereka sebelumnya, telah melalui tes wawancara.

Komisioner KPU Tolitoli Muhadir mengatakan, 101 calon PPK yang lulus tes wawancara ini, dipastikan tidak ada yang pernah menjabat dua periode. Dua periode dimaksud, sesuai dengan jenjang.

Meski dua priode tetapi berbeda jenjang, seperti Pileg dan Pilkada itu tidak terhitung dua periode.

Sebelumnya juga kata dia, para calon PPK ini, telah melalui tahapan berupa tes wawancara. Tanggapan publik atau masyarakat, kembali dibuka terhadap 101 calon PPK ini. Sesuai jadwal, tanggapan publik akan dibuka 15 Februari hingga 21 Februari 2020.

“Kami memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan, KPU sangat terbuka dalam tahapan-tahapan yang dilakukan,” kata Muhadir.

Sekaligus kata dia, ini juga bentuk transparansi kinerja kpu dalam memilih penyelenggara, betul-betul melibatkan masyarakat. Ketika ada peserta yang ditanggapi, baik terlibat di parpol atau organisasi terlarang, ini menjadi dasar diperlukannya tanggapan masyarakat.

Tanggapan publik itu juga kata dia, sebelumnya telah dibuka hingga 8 Februari 2020. 9 hari masa tanggapan publik saat itu, tak ada satupun tanggapan yang diterima. Sehingga kata Muhadir, calon PPK dinyatakan lulus ke tahapan berikutnya, tes wawancara.

Calon PPK ini juga kata dia, ada ketambahan dua orang, yang juga telah direkomendasikan oleh Bawaslu Tolitoli, serta wajib ditindak lanjuti oleh KPU Tolitoli. Sehingga, totalnya menjadi 101 orang. (Andis/Adv)