Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara Tahun 2021, Ini Perkembangannya

Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara Tahun 2021, Ini Perkembangannya

06/04/2021 20:21 0 By Maman

Seleksi PPAN Provinsi Gorontalo

Seleksi PPAN Provinsi Gorontalo. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Perkembangan terkait seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) di Provinsi Gorontalo tahun 2021, yang belakangan dipertanyakan melalui DM di platform Instagram akhir-akhir ini ditanggapi Ketua DPD Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Provinsi Gorontalo, Eka Vickrain Dangkua.

Hingga kini kata Eka, perkembangan seleksi tersebut masih dikonsultasikan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo, yang juga mitra dalam menyeleksi.

“Tanggal 16 Maret 2021, kami menerima terusan surat dari Kemenpora RI dalam hal ini Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, dengan Nomor: 3.16/.1/DII-5/III/2020, terkait Seleksi Calon Peserta PPAN Tahun 2021,” ungkapnya, Selasa (6/4/2021).

Surat tersebut kata dia, ditujukan kepada Kepala Dinas/Badan/Biro Provinsi khususnya Penanganan Bagian Kepemudaan. Ditingkat Provinsi Gorontalo kata Eka, dalam hal ini Dikbudpora Provinsi Gorontalo.

Seleksi PPAN Tahun 2021 kata Eka lagi, menyediakan kuota sebanyak 3 orang, masing-masing dengan Program AIYEP, IKYEP & SIYlEP. PCMI lanjut dia, segera mengonfirmasi hal ini pada Bidang Pemuda & Olahraga Dikbudpora Provinsi Gorontalo dihari yang sama.

“Audiensi juga kami lakukan dua kali yaitu, tanggal 22 Maret dan tanggal 29 Maret 2021, untuk mendapatkan kepastian penyelenggaraan seleksi PPAN Tahun 2021 di Provinsi Gorontalo,” terang Eka.

Informasi yang diperoleh dalam audiensi kata Eka, seleksi PPAN tahun 2021 untuk Provinsi Gorontalo terkendala pada pendanaan. Kemungkinan besar, tidak akan terlaksana karena anggaran yang ada mengalami refocusing untuk penanggulangan Covid19.

“DPD PCMI sangat peduli akan antusias teman – teman pemuda di Provinsi Gorontalo terkait seleksi PPAN, untuk itu kami masih berusaha untuk meminta kesempatan audiensi bersama Kepala Dinas Dikbudpora, mengingat batas pemasukan berkas untuk peserta terpilih harus diterima oleh Kemenpora pada tanggal 5 Mei 2021,” imbuh Eka Vickrain.

DPD PCMI juga kata dia, berkomitmen untuk mengirimkan delegasi Provinsi Gorontalo yang telah melalui proses seleksi sebagaimana yang dilakukan dari tahun ke tahun, dengan standard penilaian yang sudah tercantum dalam surat seleksi oleh Kemenpora.

Jika kuota Provinsi Gorontalo tidak terpenuhi, maka kata Eka, Kemenpora RI berhak mengganti dengan peserta dari daerah lain. Dia berharap, melalui informasi ini bisa menjawab pertanyaan teman-teman pemuda.

“Sebab, sejak tahun 2001 kami bermitra dengan Dikbudpora untuk seleksi dan telah mengirimkan total 56 orang pemuda-pemudi terbaik di Provinsi Gorontalo, untuk program-program pertukaran yang diselenggarakan,” ujarnya.

“Semoga seleksi PPAN Tahun 2021 di Provinsi Gorontalo bisa dilaksanakan,” pungkas Eka. (MG01)