Seleksi Petugas Haji 2020, Idah Syahidah Himpun Aspirasi

Seleksi Petugas Haji 2020, Idah Syahidah Himpun Aspirasi

14/02/2020 08:51 0 By Alex

Anggota DPR RI Idah Syahidah Habibie turut menghadiri seleksi calon petugas penyelenggara ibadah haji tahap II oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, Kamis (13/2/2020).

Hulondalo.id – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Habibie turut menghadiri seleksi calon petugas penyelenggara ibadah haji tahap II oleh Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Gorontalo, Kamis (13/2/2020).

Idah mengakui kehadirannya selain melihat seleksi petugas haji 2020, juga sebagai anggota DPR RI komisi VIII yang memang menaungi bidang sosial dan agama. Olehnya, Idah Syahidah juga menampung aspirasi maupun  permasalahan dan kendala yang ada di Kemenag Kota/Kabupaten se-Gorontalo dan akan disampaikan ke Kementerian Agama RI.

“Jadi di sini kita berdiskusi tentang bagaimana dinamika sosial keagamaan di Gorontalo, utamanya terkait dengan perkembangan pemikiran Islam dan potensi-potensi penyimpanganya. Karena sebagaimana kita tahu di Gorontalo mayoritas masyarakatnya adalah muslim. Kita juga membahas tentang persoalan-persoalan lain menyangkut penyelenggaraan ibadah haji, zakat dan sebagainya,” ujar Idah.

Terkait rekrutmen seleksi calon petugas haji Tahun 2020, Idah Syahidah yakin Kemenag melakukan seleksinya secara akuntabel dan juga transparan. Karena seleksi rekrutmen ini diselenggarakan demi untuk mendapatkan petugas yang akan memberikan pelayanan kepada jemaah haji nanti di tanah suci.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Provinsi Gorontalo Hamka Arbie menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Idah Syahidah baik sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo maupun sebagai anggota DPR RI. Tentunya kehadiran Idah membawa angin segar untuk Kemenag, utamanya terkait hal-hal yang ingin disampaikan pada pemerintah pusat.

Khusus Provinsi Gorontalo, seleksi ini diikuti oleh 22 orang peserta yang merupakan hasil seleksi pada tahap pertama di Kanwil dan Kemenag kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo. Dari seleksi pertama pun sudah menggunakan sistem CAT (computer assisted test) yang bisa langsung terlihat nilai akhir dari hasil seleksi.

Dari 22 peserta yang akan berhasil hanya 11 orang untuk mengisi jawatan 2 orang calon ketua kloter, 2 orang calon pembimbing ibadah haji kloter, 1 orang calon pelayan bimbingan ibadah haji sektor, 1 orang calon petugas siskohat, 2 orang calon pelayan akomodasi, 2 orang calon pelayan konsumsi dan 1 orang calon pelayan transportasi.(adv7/alex)