Semarak Seminar Budaya di Bone Bolango

Semarak Seminar Budaya di Bone Bolango

01/11/2019 20:18 0 By Maman

Atraksi Polopalo meriahkan Seminar Budaya Kabupaten Bone Bolango, Kamis (31/10/2019).

Hulondalo.id- Pelaksanaan Seminar dan Budaya di Kabupaten Bone Bolango berlangsung semarak, Kamis (31/10/2019).

Kegiatan yang diseleggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bonebol ini, menampilkan tarian kolosal dana-dana, atraksi polopalo, dan sejumlah kesenian kesenian daerah lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Bonebol Hamim Pou mengatakan, warga perlu berbangga karena arah pembangunan pemkab tidak sekedar terfokus pada pembangunan infrastruktur saja akan tetapi membangun pula sektor kebudayaan.

Hal ini merupakan pengejawantahan dari cita-cita pemkab, dalam upaya melestarikan semua bentuk kearifan lokal yang dimiliki daerah.

“Jadi kita tidak hanya membangun jalan atau fasilitas fisik lainnya. Kita juga ingin mengembangkan budaya Bonebol,” kata Hamim Pou.

Sementara itu, Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Ditjen Kebudayaan, Kemendikbud RI Nadjamudin Ramli, saat membuka kegiatan mengungkapkan bahwa, dirinya turut berkomitmen untuk mengembangkan kebudayaan di Bonebol. Intensitas Semangat membangun budaya di daerah bonebol kata Nadjamudin akan sama seperti putra-putra daerah setempat.

“Kalau bupati mau mengembangkan kebudayaan di daerahnya, maka saya lebih mau,” kata Nadjamudin Ramli.

Nadjamudin menjelaskan, salah satu indikator maju tidaknya sektor budaya suatu daerah, dilihat dari semangat pemimpinnya atau kepala daerahnya, dalam mengembangkan budaya itu sendiri.

Menurut Nadjamudin, melalui kerjasama pendanaan antara Pemkab Bonebol dan Kementrian, anggaran belanja di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bonebol pada tahun depan akan meningkat utamanya di bidang kebudayaan. Oleh karena itu, pemkab bonebol melalui sering anggaran ini diharapkan dapat lebih leluasa mengembangkan sektor kebudayaan di daerah itu. (John)