Seminar Akademik UT Gorontalo, Wawali Paparkan Upaya Ciptakan SDM Unggul di Era 5.0

Seminar Akademik UT Gorontalo, Wawali Paparkan Upaya Ciptakan SDM Unggul di Era 5.0

23/11/2021 18:29 0 By Maman

Wawali Ryan Pemateri Seminar UT Gorontalo

Wawali Gorontalo, Ryan F. Kono saat menyampaikan materi pada Seminar Akademik UT Gorontalo. (foto:hms)

Hulondalo.id – Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan F. Kono, memaparkan upaya Pemkot Gorontalo dalam menciptakan SDM Unggul di era 5.0, dalam Seminar Akademik di Universitas Terbuka (UT) Gorontalo Tahun 2021 secara virtual.

Dalam seminar dengan tema Penguatan Digital Learning Ecosystem sebagai Sarana Menciptakan SDM Unggul di Era Society 5.0, Selasa (23/11/2021), Wawali mengatakan, upaya pemerintah daerah menyongsong 5.0 yakni pertama, digitalisasi bidang ekonomi.

Digitalisasi ini kata dia, mendorong pelaku ekonomi di Kota Gorontalo memanfaatkan teknologi informasi yang saat ini berkembang dengan Pasar Online.

Kedua kata Ryan, digitalisasi bidang pendidikan. Pemkot Gorontalo menjalin kerja sama dengan TV Lokal (Mimoza TV) dalam mendukung proses pembelajaran. Kemudian ketiga kata Wawali, pembekalan SDM dengan talenta digital memberikan bekal pelatihan bagi Tenaga Guru, Tenaga Administrasi.

“Sehingga, mereka terampil dalam pengoperasian dan pengelolaan mesin dan aplikasi pendukungnya, upaya terakhir, studio digital sebagai jembatan dalam pertanggungjawaban pemerintah dan wadah masyarakat dalam menyampaikan aspirasi,” ungkap Wawali.

Ryan juga menjelaskan, untuk merespon hal tersebut juga dilakukan investasi pada pengembangan digital skills, menerapkan prototype teknologi baru, learn by doing, pendidikan berbasis internasional Certificate dan digital skills. Bisa ditempuh dengan e learning.

Sisi lain juga dijelaskan Ryan, responsif terhadap industri, bisnis dan perkembangan teknologi dan kurikulum dan pembelajaran berbasis human digital skills. (Inkri)