Semoga Telur Tidak Pecah, Gorontalo Masih Zero Corona

Semoga Telur Tidak Pecah, Gorontalo Masih Zero Corona

08/04/2020 17:25 0 By Syakir

Kepala Puskesmas Kabila, Bone Bolango, Nurdin A Dali

Hulondalo.id – Masyarakat Gorontalo dibuat panik, dengan beredarnya informasi bahwa sudah ada pasien positif corona alias covid-19. Hal ini pun dibantah pihak Puskesmas Kabila, Bone Bolango yang sejak awal memantau kondisi kesehatan pasien dimaksud.

Kepala Puskesmas Kabila Nurdin A. Dali mengatakan, memang pasien dimaksud menunjukkan gejala seperti, sesak nafas dan demam. Tapi Nurdin membantah kalau si pasien sudah postif corona.

“Pasien itu sudah masuk dalam ODP, karena pasien itu datang dari zona merah. Pada hari ke 12 pasien menunjukan gejala seperti sesak nafas dan demam, dan sudah dirujuk ke RS Aloei Saboe,” katanya.

Lebih lanjut Nurdin mengatakan, kendati hasil pemeriksaan rapid test dinyatakan positif, belum tentu si pasien positif terpapar corona, karena yang bersangkutan masih harus ikut swab test, yang hasilnya jauh lebih akurat.

“Rapid test itu sebagai langkah pertama, tapi untuk mengetahui virus tersebut adalah covid-19 maka dilakukan langkah selanjutnya yakni swab test. Karena bisa saja itu hanya virus lain, dan itu sudah dikirim ke Makassar, hasilnya paling cepat hari Jum’at keluar,” terangnya.

Dirinya juga menjelaskan, telah melakukan pendataan terhadap 9 orang keluarga yang telah melakukan interaksi dengan pasien tersebut dan dinyatakan status ODP.

“Dari 7 keluarganya sesuai hasil rapid test dinyatakan negatif, sementara 2 lainnya masih menunggu antrian dan sudah di isolasi di RS Toto Kabila,” katanya lagi.

Dirinya pun menghimbau agar masyarakat yang datang dari zona merah untuk kooperatif dan melapor kepada petugas gugus tugas untuk lebih memudahkan kerja dari gugus tugas dalam memutus rantai penyebaran covid-19. “Juga tentunya melakukan social distancing dan berjemur setiap jam 10 pagi,” tandasnya. (Jeff)