Sempat Gundah Lewat Unggahan Medsos, Pemuda Asal Bitung Ini Mantap Ucapkan Syahadat

Sempat Gundah Lewat Unggahan Medsos, Pemuda Asal Bitung Ini Mantap Ucapkan Syahadat

28/05/2021 15:04 0 By Alex

Masuk Islam

Hariyanto Karim (baju biru) saat dibimbing mengucapkan 2 kalimat syahadat di Masjid Agung Baiturrahmah, Desa Modelomo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Jumat (28/5/2021)

Hulondalo.id – Ada yang berbeda usai pelaksanaan sholat Jumat di Masjid Agung Baiturrahmah, Desa Modelomo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Jumat (28/5/2021).

Anak muda asal Bitung bernama Hariyanto Karim (18) resmi menjadi mualaf. Ia di bimbing mengucapkan syahadat oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Boalemo, Ustad Lukmanul Hakim.

Kepada Hulondalo.id, Arifin Tambiha, seorang yang menjadi perantara masuknya Hariyanto ke dalam agama Islam, mengatakan sebelumnya Harianto sudah beragama Islam, namun ia keluar karena ikut bersama orang tua perempuan yang non muslim. Karena sudah dewasa, dia berfikir untuk kembali masuk ke dalam Islam.

“Sebelumnya dia ini muslim, namun karena ikut ibunya yang non muslim, jadi terpengaruh ke sana. Nanti ini sudah mulai dewasa, dia sudah berfikir ke depan. Dan saat dia ingin kembali ke muslim, namun ayahnya dan kakaknya tidak lagi mau mengurusnya karena kecewa sebab sebelumnya Arifin sudah pindah ke agama lain,” ungkapnya.

Ditambahkan Arifin, karena orang tuanya yang Islam tidak lagi mengurusnya, sehingga dia mengunggah status di media sosial untuk mencari bimbingan agar bisa masuk Islam kembali.

“Ketika dia posting di medsos, ditemukanlah oleh pak Rahman. Karena dia ini orang Bitung, dan pak Rahman punya keponakan ada di Bitung juga, lalu pak Rahman suruh cari namanya yang di facebook, kontaknya mulai dari situ,” tuturnya.

Di sisi lain, Hariyanto Karim yang sudah mualaf, setelah selesai bersyahadat, menyampaikan bahwa kembali memeluk Islam murni tanpa paksaan.

“Saya masuk Islam dari hati, dan saya senang. Ke depan bisa lebih paham lagi tentang Islam,” tuturnya singkat kepada Hulondalo.id.

Sementara itu, Ketua MUI Boalemo, Lukmanul Hakim, selesai membimbing Hariyanto Karim mengucapkan kalimat syahadat mengatakan rasa syukur atas masuk Islamnya Hariyanto Karim.

“Kita bersyukur ada saudara kita yang masuk Islam, ini menambah jumlah umat Islam dan kekuatan Islam. Kita bersyukur untuk dirinya dan kita bersyukur untuk kita semua,” terangnya.

Ustad Kim, sapaan akrabnya, berharap agar setiap orang yang masuk Islam tidak di biarkan sendiri, namun perlu dilakukan bimbingan untuk belajar dan memahami agama Islam dengan baik.

“Kita kadang punya masalah dengan mualaf, setelah dia masuk Islam kita mengucapkan selamat dan kita lupa saat itu, sehingga kita tidak pantau bagaimana perkembangannya, belajarnya, dan kehidupannya. Sebab, mungkin dia akan meninggalkan keluarga dan pekerjaan yang dia lakukan sebelumnya, dan itu butuh penyesuaiannya. Pada proses itu, butuh kita memberikan bantuan terbaik,” tandasnya.(Rifal)