Sempat Tenar di Zamannya, Gedung Pemancar TVRI di Tulungagung Tinggal Sejarah

Sempat Tenar di Zamannya, Gedung Pemancar TVRI di Tulungagung Tinggal Sejarah

11/10/2020 21:44 0 By Maman

Gedung Bekas Pemancar TVRI

Gedung yang dulunya digunakan sebagai pemancar siaran TVIR di Desa Demuk Tulungagung akan dialihfungsikan. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Gedung pemancar stasiun TVRI di Desa Demuk Kecamatan Pucanglaban Tulungagung kini hanya menyisakan kenangan. Per 1 September 2014 silam, gedung yang dulunya menjadi tempat masyarakat mendapatkan hiburan ini, dinyatakan tutup oleh manajamen.

Petugas jaga gedung pemancar TVRI, Sani mengatakan, tahun 1970an hingga 1990an gedung itu menjadi rujukan masyarakat Desa Demuk untuk mencari hiburan di setiap malam. Masa kata Sani, di Desa Demuk memang belum ada aliran listrik.

“Jadi, setiap malam masyarakat datang ke gedung itu untuk menonton TV, ditahun itu juga, sambungan listrik belum ada, masih pakai genset tenaga disel,” kata Sani, Sabtu (11/10/2020).

Penjaga gedung yang digunakan pemancar TVRI Desa Demuk, Sani.

Pria yang sudah 41 tahun menjaga gedung itu, sempat menceritakan nostalgia suasana kegembiraan dan kerukunan masyarakat, yang rela berjajar hingga ratusan meter untuk menonton TV. Kini kata dia, tinggal kenangan. Eks gedung pemancar sudah dipinjam pakai oleh pemerintah desa.

Sementara itu, Kepala Desa Demuk, Suwari mengatakan, telah berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan, Perum Perhutani dan Pemkab Tulungagung untuk mengalihfungsikan eks gedung pemancar itu, menjadi destinasi wisata baru di wilayahnya.

“Dari pada tidak dipakai, lebih baik kita fungsikan untuk kegiatan ekonomi atau sosial,” tutupnya. (Sururi)