Semua Usulan di Musrenbang se Kota Gorontalo Akan Dipetakan

Semua Usulan di Musrenbang se Kota Gorontalo Akan Dipetakan

09/03/2021 22:06 0 By Maman

Meidy N. Silangen

Kepala Bappeda Kota Gorontalo, Meidy N. Silangen.

Hulondalo.id – Pemetaan masih akan dilakukan Bappeda Kota Gorontalo terhadap semua usulan yang terungkap dalam Musrenbang ditingkat kelurahan se Kota Gorontalo. Termasuk, Evaluasi Prgram Kerja (Epokir).

“Selama ini memang tidak difasilitasi untuk kegiatan ini, namun ada aturan terbaru bahwa, Epokir harus masuk dalam usulan Musrenbang,” kata Kepala  Bappeda Kota Gorontalo, Meidy N Silangen di Manado, (Selasa (9/3/2021).

Meidy juga mengatakan, minimnya waktu luang dari DPRD pada kegiatan seperti ini,  terkadang membuat perencanaan menjadi bias. Misalnya kata dia, dalam usulan Epokir tidak ada, tapi saat pembahasan RAPBD, tiba-tiba harus muncul.

“Semuanya harus pada mekanisme, saya sebagai Kepala Bappeda Kota Gorontalo, tentu sangat senang, karena bisa memfasilitasi forum ini, membahas dengan mitra kerja, dan kegiatan ini juga, sebenarnya bagian dari perjuangan DPRD, karena mendapat suport anggaran dari DPRD,” ujarya.

Berkat sinergitas bersama DPRD diakuinya, kegiatan ini bisa terselenggara dengan baik.

Secara total kata Meidy, ada 666 usulan dari tingkat kelurahan yang dibahas. Namun yang akan masuk di tingkat kecamatan hanya, 150 usulan. Data yang ada, 50 usulan untuk infrastruktur, 100 usulan untuk sosial dan budaya, dan 100 usulan bidang ekonomi.

Semua usulan ini kata Meidy, segera mungkin akan dipetakan oleh Bappeda Kota Gorontalo. Sehingga, ketika Musrenbang tingkat Kota Gorontalo yang direncanakan tanggal 23 Maret 2021 mendatang, bisa diketahui usulan mana saja yang dibiayai DAK, DAU, APBN dan APBD Provinsi Gorontalo, APBD Kota Gorontalo dan CSR.

“Misalnya, program Baznas Kota Gorontalo, nantinya sudah ada gambaran dibiayai melalui anggaran mana, Bappeda Kota Gorontalo juga akan berkolaborasi dengan TAPD Kota Gorontalo, menyepakati dengan Badan Anggaran DPRD Kota Gorontalo,” pungkasnya.

Dalam pertemuan itu juga kata Meidy, semua usulan akan mengacu pada rumusan RKPD Kota Gorontalo tahun 2022. (MG04/Adv)