Seorang Tim Kuasa Hukum Mundur, Salahudin: Dia hanya Magang

Seorang Tim Kuasa Hukum Mundur, Salahudin: Dia hanya Magang

28/08/2019 20:29 0 By Syakir

Salahudin Pakaya, SH saat konfrensi pers di Marry Coffe, Rabu (28/8/2019). (foto : rully)

Hulondalo.id – Salah seorang tim kuasa hukum Rusli Habibie yang tergabung dalam Salahudin Associates dikabarkan mundur.

Belum diketahui pasti apa alasan mundurnya salah satu pengacara yang belakangan diketahui bernama Ronal Taliki SH tersebut.

Namun ironisnya, sang pengacara malah terlibat bertemu dengan seorang terlapor atas kasus hukum yang ditangani Salahudin Pakaya cs.

Kepada wartawan, pun Salahudin Pakaya tidak menampik masalah itu. Malah dia mempersilahkan sang pengacara yang bersangkutan karena itu merupakan keputusannya sendiri.

“Sebenarnya saya hanya ingin meluruskan saja. Yang bersangkutan mundur dari tim kuasa hukum tidak masalah. Tidak berpengaruh pada kerja tim kami karena yang bersangkutan hanya berstatus magang di Salahudin Associates (Firma Hukum) dan tidak dilibatkan dalam pembahasan penting,” ujar Salahudin sembari tertawa renyah.

Dia menambahkan, saat ini pengacara yang magang di Salahudin Associates berjumlah 3 orang, termasuk Ronal Taliki yang dikabarkan mundur tersebut. Dan di dalam tim, seorang pengacara magang belum dilibatkan secara teknis terkait perkara-perkara yang sedang ditangani tim kuasa hukum.

Salahudin pun mengaku tidak mengetahui secara pasti alasan mundurnya salah satu koleganya itu. Pasalnya, surat pernyataan mundur tersebut hanya dikirimkan via WhatsApp messenger saja.

“Tidak masalah (dia mundur). Tapi seharusnya ada etikanya. Ini yang bersangkutan hanya mengirim surat via WhatsApp saja,” timpal Salahudin.

Namun yang paling ironis, beredar foto Ronal Taliki berpose bersama terlapor atas kasus hukum yang sedang ditangani tim kuasa hukum yang dipimpin Salahudin Pakaya itu.

“Sebenarnya itu pelanggaran kode etik. Sejatinya, lawyer yang pernah menangani satu kasus tidak boleh pindah ke lain kubu. Itu pelanggaran. Jika benar, profesinya bisa dicabut,” bilang lawyer yang sudah beracara lebih dari 20 tahun itu.

Terakhir, Salahudin kembali menegaskan bahwa tim kuasa hukum Rusli Habibie yang dipimpinnya saat ini sangat solid dan tidak terganggu dengan masalah pengacara magang tersebut.

Sementara itu, upaya konfirmasi coba ke Ronal Taliki coba dilakukan. Lewat gopos.id (Publisher Gorontalo) Ronal Taliki coba di konfirmasi via Seluler belum memberi tanggapan atas pernyataan Salahudin tersebut. “Mohon maaf, saya sudah mau sidang,” ucapnya. Ketika disusul dengan pesan Whatsapp, hingga saat ini Ronal belum menangapinya. (Alex)