Sepekan PSBB, Pedagang di Gorontalo Utara Minta Pasar Mingguan Kembali Dibuka

Sepekan PSBB, Pedagang di Gorontalo Utara Minta Pasar Mingguan Kembali Dibuka

11/05/2020 20:17 0 By Maman

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperindag Gorontalo Utara Wilson Hadju menerima para pedagang pasar di Gorontalo Utara. (foto:prin)

Hulondalo.id – Puluhan pedagang pasar di Gorontalo Utara mendatangi kantor Dinas Koperindag Gorontalo Utara. Mereka meminta agar pasar mingguan kembali dibuka, apalagi jelang dua minggu Idul Fitri 1441 Hijriah.

Rudi, salah pedagang pasar mingguan mengatakan, ini kepentingan bersama. Apalagi kata dia, Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi tiba, sehingga mereka meminta kebijakan agar pasar mingguan kembali dibuka.

Rudi juga mengatakan, jika pasar mingguan bisa kembali dibuka, maka mereka siap untuk menaati aturan yang ada termasuk penerapan PSBB.

“Kami siap taat aturan, misalnya memakai masker, itukan untuk menjaga bersama, mencuci tangan atau menjaga jarak, atau sampai jam berapa bisa berjualan,” tuturnya.

Tak jauh berbeda juga disampaikan Yuni, pedagang pasar mingguan. Mereka kata Yuni, meminta kebijakan karena banyaknya kepentingan dan beban yang mereka tanggung. Apalagi kata dia, pasar di bulan Ramadhan menjadi target bagi seluruh pedagang.

‌Belum lagi tambah Yuni, disisi lain mereka punya hutang yang jumlahnya belasan hingga puluhan juta. Bukan hutang di lembaga tertentu seperti bank atau sejenisnya. Hutang tersebut terpaksa dilakukan pada orang tertentu.

“Kami terpaksa menempuh jalan ini, kami meminta solusi bagaimana tetap bisa berjualan, karena masih ada hutang yang menunggu,” kata Yuni.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Wilson Hadju mengatakan, keluhan para pedagang tersebut akan ditindak lanjuti dalam rapat bersama Gugus Tugas, yang akan dipimpin langsung Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin.

Wilson mengatakan, Pergub Nomor 15 Tahun 2020 memang mengatur penutupan seluruh pasar mingguan. Para pedagang kata dia, mencontohkan pasar di Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango, ada yang tetap buka.

“Setelah saya cek, pasar yang buka itu harian, itu yang akan dibahas dalam rapat dengan gugus tugas,” ujar Wilson.

Wilson melanjutkan, pembahasan penting dilakukan karena ini sifatnya teknis. Demikian juga terkait dua pasar apakah akan di lakukan secara bergiliran atau seperti apa, juga akan dibahas.

“Konsep saya, hari Kamis, Jumat, dan Sabtu di Moluo, kemudian hari Minggu, Senin, Selasa, Rabu di Ombulodata atau Pontolo, tapi nanti kita tindak lanjuti dalam rapat,” pungkasnya. (Prin/Adv)