Serahkan 375 Sertifikat Tanah di Desa Molantadu, Sekda Ridwan: Jangan Lupa Bayar Pajak

Serahkan 375 Sertifikat Tanah di Desa Molantadu, Sekda Ridwan: Jangan Lupa Bayar Pajak

12/10/2020 22:10 0 By Maman

Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin menyerahkan sertifikat tanah untuk masyarakat Desa Molantadu. (foto:hms)

Hulondalo.id – Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin menyerahkan 375 sertifikat tanah bagi warga Desa Molantadu Kecamatan Tomilito. Setelah diterimanya sertifikat tersebut, Sekda meminta masyarakat untuk tidak melupakan kewajiban, membayar pajak.

“Sertifikat ini merupakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau PTSL, jadi tanahnya sudah ada sertifikat, berarti kewajibannya kepada negara juga harus ditunaikan, dilaksanakan, membayar pajak dan lain sebagainya,” kata Sekda, Senin (12/10/2020).

“Jaga dengan baik, jika digunakan untuk agunan tentu bisa, sepanjang untuk berusaha mengembangkan ekonomi atau usaha-usaha masyarakat,” tambahnya.

Sekda juga mengakui, sertifikat tanah ini sebenarnya sudah diserahkan dua minggu yang lalu. Namun tertunda karena ada beberapa warga yang saling menggugat. Setelah dicek ketika bersilaturahmi ke Kepala BPN, ternyata benar adanya yang menggugat, tapi ditolak.

“Informasi yang kami dengar, akan menggugat lagi, tapi sertifikatnya sudah selesai, jadi saya sampaikan kecuali masih dalam proses baru bisa ditunda, tapi kalau sudah terbit, serahkan saja kepada nama yang ada dalam sertifikat,” tukas Sekda.

Pemerintah daerah juga kata dia, sangat bersyukur dengan adanya program dari pemerintah pusat ini. Status hukum kepemilikan tanah dari warga, khususnya di Gorontalo Utara.

“Mengurus sertifikat itu tidak mudah, dan ini gratis, kecuali biaya patok, mungkin itu ditanggung dan sudah dikoordinir oleh kepala desa masing-masing,” ujarnya. (Prin/Adv)