Serahkan Bantuan Pangan JPS, Gubernur Minta Wartawan Taati Protokol Kesehatan

Serahkan Bantuan Pangan JPS, Gubernur Minta Wartawan Taati Protokol Kesehatan

06/04/2020 22:49 0 By Alex

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie usai menyerahkan bantuan pangan pokok JPS kepada perwakilan jurnalis di kantor media cetak harian Rakyat Gorontalo, Senin (6/4/2020). (F. Haris/Humas)

Hulondalo.id – Tak hanya porter di bandara dan buruh bongkar muat di pelabuhan, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie juga menyerahkan bantuan pangan pokok kepada para wartawan baik media cetak, online dan elektronik, bertempat di kantor Harian Rakyat Gorontalo, Senin (6/4/2020).

Ada sekitar 500 paket bantuan bahan pangan pokok Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang tidak hanya dibagikan kepada pekerja media, tapi juga karyawan, office boy hingga loper koran.

Pada kesempatan itu, Gubernur Rusli Habibie meminta kepada para wartawan agar tetap menerapkan protokol kesehatan selama menjalankan tugasnya.

“Tolong patuhi protokol kesehatan selama liputan. Jaga jarak selama liputan, gunakan masker dan jangan keluar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak,” pinta Gubernur Rusli Habibie.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga meminta maaf jika selama pandemi virus corona dia kerap menegur wartawan yang mewawancarainya untuk tidak berkumpul. Menurut Rusli, hal itu dilakukannya sebagai bentuk kepedulian kepada pekerja media agar terhindar dari penularan Covid-19.

Terkait dengan bantuan pangan pokok JPS, Gubernur mengatakan bahwa itu sebagai  tindak lanjut atas instruksi Presiden Joko Widodo agar pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat.

“Jika sebelum pandemi virus corona, bahan pokok ini kami jual dengan harga serba Rp 5.000,-. Saat ini kami gratiskan untuk membantu meringankan beban masyarakat,” kata dia.

Karyawan media dan wartawan pun mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Gubernur Gorontalo. Maryam, misalnya, seorang petugas kebersihan mengaku bantuan bahan pangan tersebut sangat membantu kebutuhan hidup keluarganya.

“Saya sangat bersyukur pak Gubernur memperhatikan kami. Bantuan ini sangat saya butuhkan untuk kebutuhan hidup sehari-hari,” kata Maryam.

Hal senada juga disampaikan Awaluddin, wartawan harian Rakyat Gorontalo. Menurutnya, pandemi virus corona juga berpengaruh pada berkurangnya pendapatan jurnalis sehingga otomatis juga berdampak pada kehidupan keluarga.

“Bekerja dari rumah tidak berlaku bagi jurnalis. Kami harus turun lapangan untuk mencari informasi. Kendala di lapangan, kami sering merasa takut dan khawatir terpapar virus Corona. Dengan bantuan dari bapak Gubernur, kami sangat bersyukur karena bisa meringankan beban kami,” katanya berterima kasih.(adv/alex)