Serapan Anggaran Tinggi, Diprediksi Ekonomi Gorontalo Tumbuh Lagi di Triwulan 4

22/11/2019 00:09 0 By admin

Kepala Perwakilan BI Provinsi Gorontalo, Budi Widihartanto

Hulondalo.id – Tingginya serapan APBD Provinsi Gorontalo hingga 77%, diprediksi mampu memicu pertumbuhan ekonomi Gorontalo yang sempat turun di triwulan 3.

Apresiasi ditunjukkan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Gorontalo, Budi Widihartanto saat ditanyai pendapatnya soal dampak dari tingginya realisasi anggaran Provinsi Gorontalo, terhitung 12 November 2019.

Budi mengakui, ekonomi Gorontalo pada triwulan 3 sedikit turun. Tapi, dengan realisadi serapan anggaran yang optimal seperti saat ini, diharapkan pada triwulan 4 bisa tumbuh lagi.

“Dengan realisasi serapan anggaran yang maksimal, mudah mudahan di triwulan 4 pertumbuhan bisa dipertahankan pada range 6,5 sampai 7 %,” begitu kata Budi, Rabu (20/11/2019).

Soal penurunan pertumbuhan ekonomi Indonesia, diakuinya juga memang sudah diprediksi oleh para analis luar. Bahkan sempat diprediksi akan mengalami penurunan hingga dibawah 5 %.

Namun, dengan adanya beberapa daerah dengan serapan anggaran tinggi termasuk Gorontalo, dan pertumbuhan ekonominya diatas rata rata, diharapkan bisa menjaga ekonomi nasional untuk tidak tumbuh dibawah perkiraan.

“kita pertahankan agar kita bisa membantu mensuport pertumbuhan ekonomi nasional, yang saat ini juga di triwulan 3 sedikit turun. Harapan kita di Bank Indonesia, sebisa mungkin di atas 5.persen,” ungkapnya.

Budi juga menyampaikan, rencananya di Gorontalo akan digelar pertemuan tahunan Bank Indonesia. Kegiatan ini akan menghadirkan stake holder, mulai dari Gubernur Gorontalo dan jajaran, serta para bupato/walikota, dan pimpinan perbankan dan lembaga keuangan lainnya. (man)