Serapan APBD Baru 13,9%, Nelson: Seharusnya Saat Ini Sudah 50%

Serapan APBD Baru 13,9%, Nelson: Seharusnya Saat Ini Sudah 50%

04/06/2021 20:34 0 By Maman

Rakor DAK Fisik Kab Gorontalo 2021

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat memberikan sambutan pada Rakor Pengelolan DAK Fisik Kab Gorontalo tahun 2021. (foto:kominfo)

Hulondalo.id – Hingga kini, serapan APBD Kabupaten Gorontalo baru mencapai 13,9%. Seharusnya kata Bupati Gorontalo, Nelson Pomaingo, serapan anggaran sudah pada angka 50%, dari total APBD Kabupaten Gorontalo tahun 2021, Rp 1,5 Triliun.

Terhadap kondisi itu, Bupati meminta kepada OPD mempercepat penyerapan anggaran, khususnya Dana Alokasi Khsusus (DAK) Fisik. Selama ini kata Bupati, anggaran di daerah terus meningkat. Namun penyerapan anggaran sangat kecil. Bahkan di tahun sebelumnya, Kabupaten Gorontalo mengembalikan anggaran DAK.

“Tahun ini total APBD Pemkab Gorontalo mencapai Rp 1,5 triliun, DAK Kabupaten Gorontalo Rp 280 miliar, dengan rincian, DAK fisik Rp 143 miliar, dan DAK non fisik Rp 135 miliar, anggaran ini setiap tahun meningkat,” kata Bupati saat Rapat Koordinasi Pengelolaan DAK Fisik, di Hotel Aston, Jumat (04/06/2021).

Hingga kini kata Bupati, penyerapan anggaran baru Rp 19 miliar atau bila dipersentasikan hanya 13,9%.

“Seharusnya, dipertengahan tahun ini, penyerapan anggaran sudah 50%,” tegas Nelson.

Karenanya, Bupati menginstruksikan Badan Keuangan untuk mengevaluasi penyerapan anggaran di masing-masing OPD. Pandemi Covid-19 juga kata dia, membuat anggaran terbatas dan di refocusing.

“Saat ini keuangan kita terbatas, olehnya anggaran ini harus dikelola dengan optimal, efisien serta direalisasikan, sehingga pembangunan di Kabupaten Gorontalo cepat terlaksana,” tandas Nelson. (Pin/Adv)