Serapan Dana Desa di Kabupaten Gorontalo Tahap I Capai 90%

16/06/2019 23:38 0 By Maman

Tim Monev dari Kementerian Desa RI diterima Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo. (humas)

Hulondalo.id- Serapan dana desa di Kabupaten Gorontalo untuk tahap I tahun 2019, telah mencapai 90%. Serapan ini, telah memenuhi syarat untuk pengajuan pencairan tahap II tahun 2019.

Hal itu terungkap saat, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, menerima kunjungan Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kementerian Desa RI, Sabtu (15/6/2019).

Bahkan jika tak aral melintang, Selasa (18/6/2019) ini kata Bupati Nelson, Dana Desa Tahap 2 tahun 2019 akan masuk ke RKUD Kabupaten Gorontalo.

Dalam pertemuan itu juga, Bupati Nelson menyampaikan persiapan pelaksanaan Bursa Inovasi Desa (BID) yang akan dilaksanakan Cluster. Seperti wilayah rayon Boliyohuto group, dilaksanakan disatu tempat di wilayah tersebut.

Bupati Nelson juga memaparkan tentang Data Indeks Desa Membangun (IDM). Data tersebut, sementara dilakukan secara bersamaan antara Dinas PMD Kabupaten Gorontalo, P3MD Kabupaten Gorontalo, dalam hal ini Pendamping Desa.

“Nantinya, hasil dari IDM ini, akan menentukan status desa, apakah desa tersebut masih sangat tertinggal, tertinggal, berkembang atau desa maju,” kata Bupati Nelson.

Masih dalam kesempatan yang sama, Bupati Nelson menyampaikan bahwa, Sistim Informasi Pembangunan Desa (SIPEDE), untuk Kabupaten Gorontalo sudah 100%. Terkait hal itu, Bupati Nelson menyambut baik. Untuk usulan Desa Adat, saat ini dalam tahap analisa data.

Secara umum bahwa, Pemkab Gorontalo selama ini, telah berupaya semaksimal mungkin agar, para kades dan aparat dalam menggunakan dana desa, dilakukan dengan baik, untuk pembangunan, kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Karenanya, upaya peningkatan SDM juga mendapat perhatian, dalam rangka menghindari penyimpangan.

“Kami tidak main-main, dan ini juga sudah dibuktikan, salah seorang kepala desa kini berhadapan dengan proses hukum, bahkan sudah dijalani,” ujar Bupati Nelson.

Adapun Tim Monev tersebut, dipimpin langsung KNP3MD Ditjen PPMD Kemendes PDTT Dindin Abdullah Ghazali, didampingi Tenaga ahli KNP3MD Ditjen PPMD Kemendes Priyo Gatot.

Hadir pula, Tenaga Ahli Madya (TAM) P3MD Provinsi Gorontalo masing-masing, Hasan Mohammad, Yakob Mohamad, Abdul Muin, Dahlan Abdulla, Mustafa Gani, Abdillah R. Moito, Ridwan Ursilu, Agustina Rombe, Muhlis Panai. (ika)