Serius Kembangkan Pariwisata, Pemprov Gorontalo Belajar Langsung ke Banyuwangi

Serius Kembangkan Pariwisata, Pemprov Gorontalo Belajar Langsung ke Banyuwangi

11/10/2019 23:09 0 By Alex

Festival Gandrung Sewu di Banyuwangi. (F. tabloid sergap/Istimewa)

Hulondalo.id – Kedatangan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas pada rangkaian Gorontalo Karnaval Karawo (GKK) 2019 lalu benar-benar membekas.

Bagaimana tidak, Pemerintah Provinsi Gorontalo pun mengadakan kunjungan balasan ke Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur untuk melihat langsung konsep pariwisata yang diutarakan Bupati Abdullah Azwar Anas pada Celebes Tourism Meeting, Sabtu (5/10/2019) lalu.

Ya, Pemerintah Provinsi Gorontalo memenuhi undangan Bupati Banyuwangi untuk melihat dari dekat seperti apa pariwisata di Banyuwangi. Rombongan Pemerintah Provinsi Gorontalo dipimpin langsung Wakil Gubernur Idris Rahim bersama Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Rifli Katili. Mereka tiba di Bandara Banyuwangi, Jumat (11/10/2019) sore.

“Iya benar. Saat ini kami sedang dijamu makan malam oleh Bupati Banyuwangi di pendopo,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Rifli Katili ketika dihubungi via seluler.

Dia mengatakan, kunjungan Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk menindaklanjuti apa saja yang dibahas pada Celebes Tourism Meeting pada rangkaian GKK 2019, pekan lalu.

“Ada beberapa hal yang kita bisa belajar dan kemudian kita adopsi, sehingga itulah kenapa kita datang ke sini, yakni pertama karena kita ingin belajar kepada Pemda Banyuwangi untuk menurunkan angka kemiskinan dengan mendorong sektor pariwisata,” timpal Rifli.

Bahkan, kunjungan Pemerintah Provinsi Gorontalo ke Banyuwangi dalam rangka mengembangkan sektor pariwisata ini didukung langsung oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

“Kehadiran pak Anas (Bupati Banyuwangi) di Gorontalo meninggalkan kesan pada pak Gubernur. Dimana menurut pak Gubernur apa yang Bupati Banyuwangi lakukan itu sesuatu yang sederhana, mudah diterapkan dan juga praktek nyata serta dampaknya luar biasa. Sehingga pak Gubernur sangat mendukung inisiatif kami yang ingin belajar langsung ke Banyuwangi. Sayangnya, karena beliau ada kegiatan lain di Jakarta, jadi diwakili oleh pak Wagub,” urai Rifli.

Menurut rencana, rombongan Pemerintah Provinsi Gorontalo berada di Banyuwangi selama 3 hari kedepan. Besok, Sabtu (12/10/2019), rombongan Pemerintah Provinsi Gorontalo akan menghadiri Festival Gandrung Sewu, Acara Ngopi Sewu dan melihat dari dekat keindahan alam Banyuwangi dengan mengunjungi Kawah Ijen.(Tri)