Sertifikat Vaksinasi Covid-19, Bukan Jaminan Bisa Mudik

Sertifikat Vaksinasi Covid-19, Bukan Jaminan Bisa Mudik

05/05/2021 21:35 0 By Maman

Konferensi Pers Dikes Prov Gorontalo Larangan Mudik 2021

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman, Kabid Humas Polda Gorontalo, Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono, SIK dalam konferensi pers jelang pemberlakuan larang mudik di Gorontalo. (foto:hms)

Hulondalo.id – Sertifikat vaksin Covid-19 dosis kedua, bukan jaminan bisa melakukan mudik lebaran Idul Fitri 1422 Hijriah.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman mengatakan, Kementerian Kesehatan RI sudah menjawab, dan belum mengambil suatu kebijakan terkait sertifikasi vaksinasi bagi pemudik.

“Mengingat, belum seluruhnya masyarakat melakukan vaksinasi yang memenuhi syarat dan menjadi sasaran vaksinasi,” ungkapnya, Rabu (5/5/2021) dalam Konferensi Pers jelang pemberlakuan larang mudik di Gorontalo.

Ia menjelaskan, ini dimungkinkan jika Indonesia sudah mencapai Herd Immunity yakni tahap 1 dan 4 minimal mencapai 75%, sasaran yang ditentukan oleh Pemerintah.

“Di Gorontalo, jika dari sasarannya 728.828 orang, maka harus 75% sudah melaksanakan vaksinasi,” kata dr. Yana.

Tak hanya sampai disitu, dr. Yana mengatakan, pelaku mudik harus dites kembali apakah ada penularan Covid-19 atau tidak. Jika tak ada lagi penularan dikalangan masyarakat, maka dipastikan sertifikat vaksinasi ini bisa digunakan.

“Sampai saat ini pemerintah belum berikan kebijakan itu untuk masyarakat dari dan masuk ke Gorontalo menggunakan sertifikat vaksinasi,” tegas dr. Yana.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono, SIK menjelaskan, ada kriteria yang bisa diberikan toleransi kepada yang melakukan perjalanan.

Antara lain kata dia, masyarakat yang mengunjungi keluarga yang sakit, dan misalnya mengalami kedukaan.

“Kondisi perbatasan pada jelang mudik tahun 2021 lebih mudah, dibandingkan dengan pengamanan PSBB, karena pemberlakuan larang mudik ini dilakukan disemua wilayah,” tandas Wahyu. (Inkri/Adv)