Serunya Tradisi Tumbilotohe di Desa Huidu, Limboto Barat

Serunya Tradisi Tumbilotohe di Desa Huidu, Limboto Barat

02/06/2019 02:10 0 By Alex

Semarak tradisi Tumbilotohe di Desa Huidu, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Sabtu (1/6/2019).

Hulondalo.id – Semarak traidisi Tumbilotohe membuat mayoritas masyarakat Gorontalo bersuka cita. Seperti yang terlihat di Desa Huidu, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Sabtu (1/6/2019).

Tak hanya ada ribuan lampu botol yang dipasang di lapangan Desa Huidu tersebut, tapi juga berbagai macam kegiatan yang menambah semarak traidisi Gorontalo turun-temurun ini.

“Kegiatan ini biar Tumbilotohe menjadi tambah semarak,” ujar Lifen, ketua panitia Tumbilotohe Desa Huidu ini.

Khusus di lapangan Desa Huidu ini, sedikitnya ada 2.019 lampu botol yang dinyalakan. Jumlah lampu yang dinyalakan itu bermakna Tahun 2019 Masehi.

Selain itu, dibuatkan juga 17 terowongan dari bambu berhias Tumbilotohe. Maksudnya adalah Nuzulul Quran yang jatuh pada 17 Ramadhan. Selanjutnya ada replika Pakaya Tower atau Menara Keagungan menambah kesan lebih saat mata memandang.

Kemudian ada lomba makan kerupuk yang menambah seru semarak Tumbilotohe disini. Pesertanya dari kalangan anak-anak, remaja dan dewasa. Ratusan warga yang datang terhibur dengan aksi kocak para peserta. Peserta yang menang, tentu saja sudah disiapkan hadiah oleh panitia.

Lomba makan kerupuk yang diikuti puluhan peserta mulai dari anak-anak, remaja bahkan dewasa menambah semarak Tumbilotohe di Desa Huidu, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Sabtu (1/6/2019)

“Untuk tema kami mengambil icon Kabupaten Gorontalo, yakni Pakaya Tower,” ujar Lifen lagi.

Dia pun berterima kasih kepada Pemerintah Kecamatan Limboto Barat dan masyarakat setempat yang sudah berpartisipasi dalam Festival Tumbilotohe 1440 Hijriah ini.

“Tujuan kegiatan ini tidak lain untuk mempererat tali silaturahmi oleh sesama masyarakat di Desa Huidu, dan masyarakat Gorontalo pada umumnya,” pungkasnya.(zulex)