Shalat Idul Adha di Masjid Boleh, Bupati: Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

Shalat Idul Adha di Masjid Boleh, Bupati: Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

16/07/2021 10:03 0 By Maman

Indra Yasin

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin.

Hulondalo.id – Sholat Idul Adha 1442 Hijriah di masjid diperbolehkan di Gorontalo Utara. Namun kata Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin Kamis (15/7/2021), wajib menerapkan protokol kesehatan.

Untuk menerapkan Prokes, tentu harus berkoordinasi dengan panitia penyelenggara Satuan Tugas Penanganan Covid – 19, dan unsur keamanan setempat untuk mengetahui informasi status zonasi tempat penyelenggaraan shalat Idul Adha.

“Iya, pelaksanaan shalat di Masjid diperbolehkan, hanya di daerah yang dinyatakan aman atau zona dari Covid – 19. Akan tetapi tetap menaati protokol kesehatan,” ungkap Bupati.

“Saat menyambut malam Idul Adha 1442 Hijriyah, masyarakat tidak boleh melakukan kegiatan takbir keliling,” tambahnya.

“Tujuannya,agar tidak terjadinya kerumunan serta pontensi penularan Covid-19. Baiknya takbirannya di masjid saja,” tegasnya.

Bupati menganjurkan, jika perlu sebelum masuk ke tempat shalat, setiap jamaah harus diperiksa suhu badannya dalam rangka memastikan kondisi jamaah sehat saat mengikuti shalat idul adha.

“Semua jamaah diwajibkan memakai masker mulai dari rumah, ditempat penyelenggaraan shalat, saat shalat dan mendengarkan khutbah, hingga kembali kerumah. Dan seluruh jamaah juga harus segera kembali kerumah dengan tertib dengan tetap menghindari kerumunan,” harap Indra Yasin. (Prin/Adv)