Shalat Idul Fitri di Boalemo, Ini Imbauan Kemenag

Shalat Idul Fitri di Boalemo, Ini Imbauan Kemenag

12/05/2021 22:31 0 By Maman

Sabara Karim Ngou

Kepala Kemenag Kabupaten Boalemo, Sabara Kasim Ngou.

Hulondalo.id – Upaya menekan penyebaran Covid-19, Kementarian Agama (Kemenag) Boalemo menerbitkan panduan, terkait pelaksanaan ibadah shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di daerah bertajuk damai bertasbih.

Kepala Kantor Kemenag Boalemo, Sabara Karim Ngou, saat diwawancarai hulondalo.id menyampaikan, Menteri Agama RI telah menerbitkan panduan terbaru melalui Surat Edaran Nomor SE 07 Tahun 2021, tentang pelaksanaan shalat idul fitri di masa pandemi Covid–19.

“Ini sebenarnya mempertegas SE nomor 3 dan 4, namun disini ada spesifikasi terkait dengan zona tertentu misalnya, zona merah, tidak melaksanakan shalat berjamaah baik dilapangan maupun dimasjid, zona ini disarankan beribadah di rumah atau dalam ruang lingkup yang kecil,” ungkapnya.

Sementara untuk zona kuning dan hijau kata Sabara, diijinkan namun harus tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti memakai masker, menyediakan tempat cuci tangan. Bahkan, sehari sebelum pelaksanaan shalat, sudah di semprot disinfektan.

“Untuk Boalemo, Alhamdulillah saat ini sudah zona kuning, berarti itu bisa dimungkinakan dilaksanakan sesuai dengan SE ini,” terangnya.

Sebelumnya kata Sabara, dalam safari forkopimda sudah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat Boalemo, untuk mekanisme pelaksanaan salat idul fitri di situasi pandemi.

“Kita sudah sosialisasikan ke jamaah, kalau melaksanakan shalat Idul Fitri harus memperhatikan protokol kesehatan, teristimewa shafnya tidak dipadatkan dengan menjaga jarak, tetap memakai masker, dan buat orang tua yang sudah sakit-sakit serta anak-anak, untuk tidak diajak ke masjid, karena ini sulit untuk di kontrol,” kata Sabara.

Disisi lain, Sabara juga menegaskan pelarangan untuk pelaksanaan takbiran di Boalemo yang memicu keramaian.

“Tidak merekomendasikan takbiran dijalan atau pawai takbiran, cukup di masjid, itupun tidak perlu banyak-banyak orang, kita bisa takbiran di rumah,” tandasnya. (Rifal)