Sherman Ajak Masyarakat Boalemo Lestarikan Adat Gorontalo

Sherman Ajak Masyarakat Boalemo Lestarikan Adat Gorontalo

15/09/2021 23:51 0 By Syakir

Sekda Boalemo Sherman Moridu memberikan sambutan pada kegiatan Sosialisasi Adat dan Budaya, Rabu (15/9/2021). f istimewa

Hulondalo.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Boalemo, Sherman Moridu, membuka kegiatan Sosialisasi Adat yang di gelar Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Tilamuta, di Gedung BPU Tilamuta, Rabu (15/9/2021).

Dalam sambutannya, Sekda Boalemo, Sherman Moridu menyampaikan bahwa peran kepala desa dalam pelaksanaan peradatan di desa harus menjunjung tinggi nilai-nilai adat.

“Kedudukan adat Gorontalo ini mari kita jaga dengan baik. Kami sangat konsisten dengan adat ini, dan kami sangat menegur keras para kepala desa jika di temui menggunakan atribut yang telah di atur dalam adat,” tegasnya.

Kata Sherman, kedudukan daerah Boalemo dalam adat sangat kuat. Sebab, dari sejarah terbentuknya Boalemo tidak terlepas dari peran adat yang ada di daerah bertajuk damai bertasbih tersebut.

“Keunggulan dan trand kita di Boalemo itu ada pada kekuatan adatnya. Oleh karena itu, dari sisi adat ini mari kita lestarikan,” pesan wakil ketua adat Boalemo itu.

Panglima ASN Boalemo itu, mengungkapkan bahwa ada 3 perayaan adat yang perlu dilestarikan, yaitu adat kebesaran, ritual, dan tradisional.

“Kepada seluruh yang terkait dengan adat ini, mari kita sampaikan dan luruskan pelaksanaan hingga penggunaan atribut kepada masyarakat yang sesuai dengan tata aturan dan nilai peradatan,” tandas Sherman. (Rifal/Adv)