Sherman Apresiasi Workshop Peningkatan Kompetensi Jurnalis Boalemo

Sherman Apresiasi Workshop Peningkatan Kompetensi Jurnalis Boalemo

06/03/2021 09:44 0 By Yadin

Workshop peningkatan kompetensi jurnalis di Boalemo.

Hulondalo.id – Dinas Komunikasi, Informatika Statistik, dan Persandian Kabupaten Boalemo menggelar worskhop peningkatan kompetensi jurnalis Boalemo, di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo, Jumat (5/3/2021).

Sekretaris Daerah Boalemo, Sherman Moridu turut hadir dan membuka kegiatan tersebut. Di hadapan para wartawan, Sherman mengatakan, bahwa para jurnalis memiliki peran dalam memberikan informasi pembangunan dan kemajuan bagi Kabupaten Boalemo. Dan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 menjadi kitab suci dalam kode etik jurnalistik.

“Tentunya, bicara tentang kode etik, berarti berhubungan dengan etika dan tata krama yang baik bagi seoarang jurnalistik,” sambutnya.

Disamping itu, Sekda menjelaskan Kabupaten Boalemo lahir pada 12 Oktober 1999 dan saat ini sudah berusia 22 tahun.

“Nah, tentunya dengan usia ini, kami sangat berharap kepada para wartawan untuk bisa mempromosikan daerah ini, di tengah persaingan kurang lebih 523 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Sehingga, ini merupakan sumber kekuatan para wartawan memberikan informasi yang baik, positif di tengah persaingan yang sangat luar biasa,” katanya

Kata Sherman, dengan mempromosikan daerah, ke depan tidak sepenuhnya bergantung pada pemerintah pusat, melalui dana transfer, dana alokasi umum maupun khusus, dana bagi hasil, dan dana insentif daerah.

“Kita berharap, bisa menggali potensi yang ada. Dan peran nasionalisme dari wartawan ini, yang akan menginformasikan berbagi kekuatan dan sumber daya serta potensi yang ada di Kabupaten Boalemo,” terang Sherman Moridu.

Senada dengan itu, Kadis Kominfo dan Persandian, Aswin Kono Bata menyampaikan dalam UU Nomor 40 1999, seorang jurnalis harus profesional, dan ikut kompentensi serta memiliki sertifikat. Begitu juga dalam aturan pers nomor 1 tahun 1990, bahwa jurnalis harus damai dan bersatu, sera memiliki etika profesional.

“Sehingga, kawan-kawan jurnalis harus menjunjung tinggi etika profesi. Dan memiliki keberanian dalam menghadapi masalah serta jujur dalam mengangkat masalah untuk memberikan informasi ke publik,” pesannya.

Disisi lain, ketua pelaksana kegiatan, Anto Tuhala menjelaskan maksud kegiatan ini sebagai peningkatan kompetensi jurnalis di Kabupaten Boalemo.

“Dari kegiatan ini, bertujuan untuk meningkatkan standar profesionalitas jurnalis dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sehari-hari,” jelas Kabid Kominfo Boalemo itu. (Mg-03/adv)