Sherman Moridu Jabat Panglima ASN Boalemo Definitif

Sherman Moridu Jabat Panglima ASN Boalemo Definitif

10/10/2020 15:03 0 By Narto

Bupati Boalemo Darwis Moridu melantik dan mengambil sumpah Sekda Kabupaten Boalemo, Sherman Moridu SPd,MM di aula Pendopo, Kamis (09/10/2020).(f.humas)

Hulondalo.id – Setelah mengalami kekosongan selama kurang lebih 3 bulan, akhirnya singgasana kursi Panglima PNS di Kabupaten Boalemo resmi diisi pejabat definitif, Jumat (09/10/2020).

Pejabat dimaksud tak lain adalah Sherman Moridu SPd.MM. Ya, ia adalah salah seorang sosok birokrat tulen yang merupakan putra daerah Kabupaten Boalemo.

Kariernya dalam birokrasi sudah pasti tak diragukan lagi. Terbukti banyak gagasan dan ide-ide brilian hingga saat ini dipersembahkan untuk daerahnya Bumi Damai Bertasbih itu. Tak pelak, julukan birokrat sejuta ide pun dinobatkan kepada sang birokrat senior Boalemo ini.

Keberadaannya di puncak birokrasi pun seolah dinanti-nantikan kalangan ASN di Boalemo. Itu dapat dilihat dari antusias kalangan aparatur sejak suasana prosesi pelantikan hingga berakhirnya pengambilan sumpah jabatan Sekda definitif oleh Bupati Boalemo Darwis Moridu didampingi Wabup Anas Jusuf dan dihadiri Ketua Tim Pansel, Prof. Dr. Rauf A. Hatu, MSi, pimpinan OPD, para camat serta ASN di Pendopo Kantor Bupati Boalemo.

Bahkan, usai pengambilan sumpah jabatan pun, banyak ucapan selamat dan sukses datang dari berbagai kalangan wakil rakyat, aparatur, tenaga honor, tokoh agama, tokoh adat, elemen masyarakat maupun kolega.

Dalam prosesi pelantikan itu, Bupati Boalemo Darwis Moridu menyampaikan bahwa penetapan pejabat Sekda definitif sudah melalui proses panjang dan sistematis sebagaimana ketentuan aturan berlaku.

“Seleksi ini dimulai dari pembentukan tim Pansel, seleksi kompetensi hingga pengusulan tiga nama terpilih untuk selanjutnya dikoordinasikan dengan Gubernur Gorontalo. Proses yang panjang ini diperlukan guna melahirkan calon Sekda yang berkompeten dan berintegritas serta mampu menerjemahkan kebijakan daerah sebagaimana termuat dalam RPJMD Kabupaten Boalemo 2017-2022,” jelas Bupati Darwis Moridu.

Kendati begitu, Bupati Darwis menyadari penetapan Sekda kadang menuai pro dan kontra. Sehingga, ia menegaskan jabatan Sekda adalah jabatan karir yang lahir secara prosedural dan penuh integritas tanpa intervensi manapun.

“Saya berharap kepada pejabat Sekda definitif baru dilantik dapat mengemban kepercayaan penuh amanah. Mampu bekerja cepat, inovatif dan mampu mengkoordinasikan perangkat daerah demi pencapaian target pembangunan,” ingatnya.

Selain itu, Sekda diminta mengoptimalkan SDM aparatur yang kuat dan tangguh serta meningkatkan tata kelola keuangan daerah yang akuntabel, efisien, efektif, bersih, terukur dan tepat sasaran.

“Nantinya, kinerja itu akan saya evaluasi secara berkesinambungan. Bila mana, target pencapaian tidak tercapai, maka ini jadi pertimbangan kami. Mengingat banyak tantangan kedepan semakin berat yang membutuhkan kerja keras dan kerja cepat,” tambah Bupati Darwis Moridu.

Diantaranya menyangkut peningkatan akuntabilitas kinerja pemerintahan, target pelayanan publik, pengembangan SDM aparatur dan penyelenggaran pelayanan berbasis digital sesuai tujun reformasi birokrasi.

Serah terima jabatan dari Penjabat Sekda Boalemo Yakop Musa kepada Sekda definitif, Sherman Moridu.(f.humas)

“Saya juga tak lupa menyampaikan ucapan terimakasih setinggi-tingginya kepada Penjabat Sekda Boalemo, Yakop Musa S.Sos,MM atas dedikasi selama mengisi kekosongan jabatan Sekda Boalemo. Sehingga roda pemerintahan terus bergerak dengan baik,” pungkas pria akrab disapa Haji Darem.(Narto/adv)