Siapkan Alat Bukti, KPU Kabupaten Gorontalo Buka 31 Kotak Suara

Siapkan Alat Bukti, KPU Kabupaten Gorontalo Buka 31 Kotak Suara

29/01/2021 20:42 0 By Maman

Kotak Suara Pilkada Dibuka Ulang

KPU Kabupaten Gorontalo membuka ulang kotak suara hasil pemungutan suara Pilkada Kabupaten Gorontalo. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – 31 kotak suara hasil pemungutan suara Pilkada Kabupaten Gorontalo 9 Desember 2020 lalu, kembali dibuka. Ini dilakukan untuk penyiapan alat bukti persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK), 3 Februari 2021.

Pembukaan kotak suara ini dilakukan KPU Kabupaten Gorontalo, disaksikan seluruh LO Pasangan Calon, Kepolisian serta Bawaslu Kabupaten Gorontalo.

“Sesuai dengan dalil gugatan pemohon di MK, kami menyiapkan alat bukti yang akan disampaikan tanggal 3 Februari 2021 di MK sebagai jawaban termohon,” tutur Rasid, Jumat (29/1/2021).

Alat bukti tersebut kata Rasid, formulir C hasil KWK, Biodata DPTB, Formulir C daftar hadir, dan C pemberitahuan. Di persidangan nanti kata dia, alat bukti ini akan digunakan untuk memberikan keterangan disidang MK.

“Jadi, yang akan kita sampaikan adalah formulir C hasil KWK. Ini sudah kita lakukan pemotretan. Dan akan dicetak ulang untuk disampaikan di MK nanti,” terang Rasid.

31 kotak suara itu juga kata Rasid, berasal dari TPS yang tersebar di 11 Kecamatan, Kabupaten Gorontalo yakni, Kecamatan Limboto, Telaga, Telaga Biru, Limboto Barat, Talaga Jaya, Tabongo, Pulubala, Boliyohuto, Mootilango, Tibawa serta Tilango.

Dibukanya kembali kotak suara ini juga kata Rasid, berdasar pada PKPU nomor 19 tahun 2020 pasal 71, kemudian, surat edaran KPU RI tanggal 22 Desember 2020 perihal persiapan perkara pengajuan perselisihan hasil pemilihan serentak tahun 2020.

“Dan juga, surat edaran KPU RI tanggal 7 Januari 2021, tentang pembukaan kotak suara dalam penyelesaian perselisihan hasil pemilihan di MK,” ungkap Rasid. (Pin)