Sidak di 4 OPD, Wabup Thariq Cek Langsung Apa yang Sudah Dilakukan

Sidak di 4 OPD, Wabup Thariq Cek Langsung Apa yang Sudah Dilakukan

29/06/2021 23:09 0 By Maman

Wabup Thariq Sidak 4 OPD

Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu saat melakukan sidak di salah satu dari empat OPD. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu kembali melakukan sidak. Kali ini dia mendatangi 4 kantor OPD yang kepala dinasnya baru dilantik kurang lebih sebulan lalu. Apa saja yang sudah dilakukan sebulan terakhir ini.

“4 Kepala OPD ini bertukar tempat, ini membutuhkan pengecekan, apa yang sudah mereka lakukan,” ujar Wabup, Selasa (29/6/2021).

Saat itu, Wabup menemukan, masih ada hal-hal yang utama belum dilakukan misalnya, identifikasi masalah, sekaligus mencarikan solusi. Kalau perlu kata Wabup, dibuatkan matriks masalah yang berkaitan dengan tugas pokok dari masing-masing penyelenggaraan program, tugas pokok dan lain-lain dimasing-masing dinas.

Berikutnya kata Wabup, pembahasan tentang tupoksi. Karena ini pimpinan baru, sehingga harus dilihat lagi tupoksi yang diatur oleh Peraturan Bupati. Kemudian, penerapan dimasing-masing bidang atau bagian, seksi dan sub bagian.

“Itu harus di cek kembali berdasarkan tugas pokok fungsi masing-masing, karena ini harus transisi, perlu melakukan pengecekan,” ujar Wabup.

Selanjutnya kata Wabup, melakukan evaluasi umum. Paling tidak kata dia, meminta penjelasan secara umum dari masing-masing bidang atau sub bagian berkaitan dengan program dari masing-masing dinas.

“Perencanaannya seperti apa, tahapannya, kendala, itu harus dibuatkan matriksnya, termasuk pengecekan SOP, sudah ada dimasing-masing dinas, terutama yang berkaitan dengan pelayanan publik,” ungkap Wabup.

Catatan saat melakukan sidak sengaja ditulis dikertas oleh Wabup, dan ditinggalkan dimasing-masing kantor OPD tersebut, untuk ditindak lanjuti. Evaluasi lanjut Wabup, juga akan dilakukan terhadap catatan tersebut dalam dua minggu atau satu bulan kedepan, dilaksanakan atau tidak.

“Ini penting karena sebenarnya penyelenggaraan pemerintahan ini belum maksimal, nilai kita juga masih kurang, reformasi birokrasi kita juga masih kurang dan lain-lain yang harus kita benahi,” tukasnya.

Penggeraknya adalah OPD. Kalau tidak berjalan maksimal, jangan heran kata Wabup, penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan juga tidak maksimal. Adapun 4 OPD tersebut yakni, Dinas Kominfo, Dinas Nakertrans, Dinas Koperindag, dan Bagian Ortala. (Prin/Adv)