Sinergitas DPRD Tulungagung & Dinkop UMKM, Galakkan Semangat Kewirausahaan

Sinergitas DPRD Tulungagung & Dinkop UMKM, Galakkan Semangat Kewirausahaan

15/10/2020 14:16 0 By Maman

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Tulungagung, Slamet Sunarto bersama Anggota DPRD Tulungagung, Choirurrohim (batik hitam), disela-sela pelaksanaan pelatihan peningkatan skill bagi anggota Koperasi dan UMKM. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi covid-19 menjadi prioritas pemerintah. Adaptasi kebiasaan baru atau new normal, harus beriringan dengan produktifitas masyarakat, terutama koperasi dan UMKM di Tulungagung.

Dinas Koperasi dan UMKM dan DPRD Tulungagung, menggelar kegiatan berupa, peningkatan skill bagi anggota koperasi dan UMKM di Nirwana Bambu Ngunut Tulungagung. Kamis (15/10/2020). Anggota DPRD Tulungagung, Choirurrohim mengatakan, pengembangan SDM terutama skill masyarakat adalah tanggung jawab bersama baik eksekutif maupun legislatif.

Kualitas SDM lanjutnya, mampu membuat masyarakat lebih sejahtera, mandiri dan unggul dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurut Kerur, sapaan akrabnya, ditengah pandemi Covid-19 ini, target utama program nasional adalah pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran.

Salah satu strategi mengatasi kemiskinan menurutnya, melalui program pendidikan kecakapan hidup (life skills education), terutama untuk penciptaan pekerja dan wirausahawan.

“Kemampuan masyarakat lebih dimaksimalkan, utamanya mereka yang membutuhkan berbagai keterampilan sebagai bekal untuk bekerja atau berwirausaha, salah satunya melalui pelatihan kuliner yang kita lakukan 2 hari ini,” kata Kerur.

Dia mengajak semua element, legislatif maupun eksekutif untuk bekerjasama menggalakan semangat kewirausahaan, sehingga angka pengangguran dan kemiskinan di Tulungagung semakin berkurang.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Tulungagung, Slamet Sunarto menyambut baik sinergitas yang dilakukan oleh DPRD Tulungagung ini, dalam upaya bersama memajukan usaha mikro di Tulungagung.

Dia sangat mendukung kegiatan penumbuhkembangan wirausaha pemula itu dalam kegiatan pelatihan kuliner. Dia juga berharap, ibu-ibu tetap bisa eksis dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan ekonominya di tengah pandemi covid-19. (Sururi)