Sistem Informasi Desa, Ridwan: 2021 Harus Diwujudkan

Sistem Informasi Desa, Ridwan: 2021 Harus Diwujudkan

08/09/2020 09:33 0 By Maman

Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin menghadiri sosialisasi Pengelolaan Sistem Informasi Desa dan Internet Desa. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Tahun 2021, Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin meminta agar, pengelolaan Sistem Informasi Desa di Gorontalo Utara mulai harus segera diwujudkan. Langkah awal kata Sekda, berupa sosialisasi.

“Ini perintah undang-undang, seharusnya dua tahun yang lalu sudah dilakukan, namun karena pertimbangan kemampuan anggaran dan lainnya, baru tahun ini kita laksanakan sosialisasinya,” ungkap Sekda usai membuka sosialisasi pengelolaan Sistem Informasi Desa dan Internet Desa Gorontalo Utara di Tik-tok cafe Desa Titidu, Senin (7/9/2020).

Sekda juga mengatakan, seluruh desa wajib melakukan hal itu dan akan menganggarkan pada Dana Desa, melalui dukungan pemerintah daerah. Sebab, nantinya pemerintah daerah yang akan mengevaluasi hal tersebut.

Jumlah anggaran yang akan dialokasikan kata Sekda, jua akan diperhatikan pemerintah daerah. Karenanya, desa juga harus menganggarkan pada APBDes atau anggaran lainnnya untuk penunjang.

“Perlu ada jaminan agar pembangunan di desa tidak akan terganggu dan tetap berjalan sebagaimana biasa,” ujar Sekda.

Dia berharap, dengan dibentuknya Sistem Informasi Desa ini, bisa membuat desa se Gorontalo Utara menjadi desa yang dinamis dan maju. Kepala Desa termasuk aparat yang sebelumnya harus ke pusat pemerintahan kabupaten, kedepan cukup melalui sistem ini.

“Lebih cepat, lebih dinamis dibanding sebelum-sebelumnya,” pungkasnya. (Prin/Adv)