Smart City Berhasil Ubah Kota Gorontalo, Rektor UNG Beri Saran Ini..

Smart City Berhasil Ubah Kota Gorontalo, Rektor UNG Beri Saran Ini..

26/02/2021 23:02 0 By Syakir

Rektor Universitas Negeri Gorontalo, Eduar Wolok.

Hulondalo.id – Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Dr. Ir. Eduart Wolok, ST.MT mengakui, konsep smart city memiliki andil cukup besar dalam perubahan wajah Kota Gorontalo.

Kendati begitu, Eduart juga mengingatkan bahwa konsep smart city, akan menuntut pemerintah melakukan rekonversi pada 10 tahun akan datang.

Rekonversi akan ditandai dengan transisi ekonomi dari industri ke teknologi,  serta meningkatnya aktifitas pariwisata serta pelabuhan dagang yang akan menjadi pusat aktif perdagangan di kawasan Teluk Tomini.

Eduart menyarankan, proses perencanaan Kota Gorontalo kedepan, baiknya menggunakan metode dinamis, dengan keterlibatan seluruh stakeholder. Baginya, metode perencanaan yang digunakan saat ini, tidak komprehensif.

“keterlibatan stakeholder, penguatan tata kelola, evaluasi performance organisasi harus bisa kita jalankan”, ujar Eduart, dalam Webinar Menuju Smart City : Regulasi, Tantangan dan Inovasi yang diselenggarakan oleh Climate Institute, yang didukung oleh Friedrich Nauman Foundation, Kementrian Hukum dan HAM, Pusat Inovasi UNG, dan Dinas Kominfo Kota Gorontalo, Jumat (26/2/2021).

Webinar ini juga menghadirkan Walikota Gorontalo Marten Taha sebagai salah satu pemateri serta Direktur Climate Institute Putri Kobandaha, M.Si. (mg-04)