SMK Penerbangan Cakra Nusantara Menerapkan Kurikulum Merdeka Vokasi

SMK Penerbangan Cakra Nusantara Menerapkan Kurikulum Merdeka Vokasi

25/05/2021 10:01 0 By Jeffry

Siswa -siswi SMK Penerbangan Cakra Nusantara.(F.Istimewa)

Hulondalo.id – Saat ini dimensi dan karakteristik yang harus dimiliki dalam Pendidikan Milenial adalah Dimensi Pembelajaran (tempat dan waktu bukanlah sebuah batasan), Dimensi Profesi (profesi lama sudah dianggap tidak relevan sehingga perlu dipersiapkan profesi baru), Dimensi Literasi Baru (mulai dari literasi data dan ICT, literasi teknologi hingga literasi manusia dan budaya), Dimensi Kecakapan (Softskill Milenium Leadership & Entrepreneurship) dan Dimensi Karakter (Integritas, Nasionalisme, dan Peka terhadap lingkungan). Sehingga dalam pendidikan milenial 4.0 ini diperlukan strategi baru terhadap kurikulum yang berlaku.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara sebagai SMK Pusat Keunggulan, SMK terakreditasi A, serta SMK Pusat Keunggulan dan Sekolah Penggerak 2021 menerapkan kurikulum merdeka vokasi pada Tahun Pelajaran 2021/2022, hal hal tersebut diantaranya :

  • Kurikulum disusun bersama dengan industri baik (intra kurikuler, co kurikuler dan extra kurikuler)
  • Pembelajaran berbasis project riil
  • Guru berasal dari industri
  • Praktek/Magang kerja minimal 6 bulan, yang sebelumnya disertai program pengalaman dan pengayaan lapangan (PPL) dan PKL karena saat ini belajar beriringan dengan praktek dan di SMK Penerbangan Cakra Nusantara praktek tidak menggunakan pesawat bekas atau pesawat RC tetapi pesawat yang memang S1 (maintenance) sehingga teknologinya akan terpakai ketika siswa lulus, dan terkait PKL telah meraih Rekor MURI
  • Riset Terapan yang merupakan salah satu ketrampilan dasar abad 21 akan menjadi keahlian taruna taruni sejak kelas X
  • Profil Pelajar Pancasila dan 7 kecerdasan era normal baru menjadi karakter khusus sehingga siswa dan alumni mudah beradaptasi dengan perubahan perubahan lingkungan dan dunia yang cepat dan tidak dapat diprediksi.

Mari bagi adik adik lulusan SMP tidak usah ragu lagi untuk bersekolah di SMK Penerbangan Cakra Nusantara yang saat ini sebagai SMK Pusat Keunggulan dan Sekolah Penggerak 2021. Ingin tahu lebih banyak tentang SMK Penerbangan Cakra Nusantara? Cek instagram kami di @smkpenerbanganbali, Facebook di SMK Penerbangan Cakra Nusantara jangan lupa subscribe, like, share dan comment channel youtube kami di SMK Penerbangan Cakra Nusantara – Pusat Keunggulan serta web kami di www.smkpenerbangan.sch.id dan www.smkcakranusantara.com.
SMK Penerbangan Cakra Nusantara – SMK Pusat Keunggulan – Sekolah Penggerak 2021 Terakreditasi A (Unggul) saat ini membuka Penerimaan Peserta Didik Baru 2021/2022 yang dapat dihubungi pada nomor pendaftaran 03614742600 atau 081237098090 website www.ppdbsmkpenerbangan.com.

Ayo BANGKIT dari keterpurukan bersama SMK PENERBANGAN CAKRA NUSANTARA SMK PUSAT KEUNGGULAN ( CENTER OF EXCELLENCE ) SEKOLAH PENGGERAK 2021. SMK Penerbangan Cakra Nusantara terletak di Jalan Tukad Pakerisan No 25 Denpasar dengan:
PENDAFTARAN ONLINE Whatsapp  081 237 098 090
www.ppdbsmkpenerbangan.com

(Jeff/Adv)