Soal Cegah Stunting, Pohuwato Jadi Tempat Studi Daerah Lain   

Soal Cegah Stunting, Pohuwato Jadi Tempat Studi Daerah Lain  

03/11/2021 20:33 0 By Yadin

Pemerintah Kabupaten Bolaangmongondow Utara, studi tiru terkait pencegahan Stunting di Pohuwato, Rabu (3/11/2021).

Hulondalo.id – Upaya Pemerintah Kabupaten Pohuwato dalam menurunkan angka stunting patut diacungi jempol.

Daerah yang berjuluk Bumi Panua itu dipilih oleh Pemerintah Kabupaten Bolaangmongondow Utara, Provinsi Sulawesi Utara, untuk studi tiru terkait pencegahan Stunting, Rabu (3/11/2021).

Kepala Baperlirbang, Irfan Saleh mengatakan, kedatangan Pemkab Bolmut dalam hal ini Dinas kesehatan dan Baperlitbang, bertujuan untuk sharing pencegahan stunting di Pohuwato dengan konsep Gerakan Kolaborasi Mengentaskan dan Mencegah Anak Stunting (Gerbos Emas).

 

“Kami putarkan video singkat, terkait keberhasilan atau konsep-konsep yang kita implementasikan di lapangan. Mereka mengapresiasi konsep dengan melibatkan OPD terkait, juga program yang langsung menyentuh keluarga utamanya yang mengalami stunting,” terang Irfan.

 

Plt Kepala Dinas Kesehatan itu juga menambahkan, dari hasil paparan konsep melalui Gerbos Emas, Pemkab Bolmut akan mengikuti beberapa konsep yang disesuaikan dengan daerah mereka.

Sementara itu, fasilitator Gerbos Emas, Rozlan Tawaa menyampaikan, Pohuwato jadi tempat studi daerah lain karena atas rekomendasi dari fasilitator Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, khususnya penanganan dan pencegahan stunting. Dimana, se-Indonesia timur, Pohuwato menjadi daerah referensi terkait hal itu.

 

“Kita secara Nasional diakui untuk inovasi kita, kita punya banyak inovasi diantaranya Rumah Tangga Pelopor Pencegahan Stunting (RTP2S) yang menjadi andalan, Sistem Evaluasi Monitoring Stunting (Siemons), kemudian Gerbos Emas yang menjadi salah satu motor penggerak pencegahan stunting di Kabupaten Pohuwato,” ungkapnya. (yadin/adv)