Soal Pembentukan DOB Bone Pesisir, Ini Kata Pedro Bau

Soal Pembentukan DOB Bone Pesisir, Ini Kata Pedro Bau

02/02/2021 19:49 0 By Jeffry

Wakil Ketua DPRD Bonebol Zainudin Pedro Bau.(Istimewa)

Hulondalo.id – Jajaran Anggota DPRD Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) menerima tamu istimewa dari sejumlah tokoh masyarakat yang tergabung dalam Komite Pembentukan Kabupaten Bone Pesisir, Senin (1/2/2021).

Kedatangan sejumlah tokoh masyarakat tersebut guna membahas terkait dengan pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Bone Pesisir yang saat ini terus digenjot.

Wakil Ketua DPRD Bonebol Zainudin Pedro Bau mengapresiasi langkah tersebut guna mewujudkan cita-cita luhur warga Bone Pesisir.

“Saya sebagai salah satu pimpinan DPRD mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat Bone Pesisir yang telah mengikrarkan dan mengikhtiarkan diri menuju kabupaten baru yang lebih mandiri,” ujar Pedro sapaan akrabnya.

Pria yang juga menjabat sebagai penasehat fraksi Golkar ini selanjutnya mengajak seluruh warga Bone Pesisir untuk bersama-sama mengawal proses tersebut dengan baik dan tentunya dalam suasana kekeluargaan.

“Alhamdulillah kajian syarat dan dokumen sebagian sudah dipersiapkan dan dilengkapi oleh Komite Pembentukan Kabupaten Bone Pesisir, Insyallah Aspirasi ini kami akan tindak lanjuti dengan cara seksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya sesuai ketentuan Peraturan Perundang Undangan dan Tata Tertib  DPRD Bone Bolango,” kata Pedro Bau.

Sebelumnya, Komite Pembentukan Kabupaten Bone Pesisir memaparkan kajian   syarat yang diamanatkan oleh PP No 78/2007 tentang Persyaratan Pembentukan dan kriteria pemekaran, penghapusan, dan penggabungan daerah yaitu syarat  geografi, demografi, keamanan, sosial politik, adat dan tradisi, potensi ekonomi, keuangan daerah dan kemampuan penyelenggaraan pemerintahan.

Selain itu, Persyaratan Dasar (kewilayahan serta kapasitas daerah) dan Persyaratan Administratif juga turut dipaparkan sebagai syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi Daerah Otonom Baru sesuai yang diamanatkan pada Pasal 33 Undang-Undang No 23/2014 – UU No 9/ 2015.

“Nah, salah satu syaratnya adalah adanya persetujuan bersama DPRD dan Pemerintah Bone Bolango. Dan selanjutnya persetujuan itu akan diserahkan ke Gubernur Gorontalo sebagai perpanjangan Pemerintah Pusat,” bilang Pedro.

Olehnya, kata Pedro, tantangan kedepan adalah bagimana menyakinkan Pemerintah Pusat yang hingga hari ini belum mencabut bahkan memperpanjang moratorium  pemekaran DOB.

“Apa yang dilakukan oleh Komite Pemekaran itu sudah tepat. Minimal segala sesuatunya sudah dipersiapkan. Jika moratorium DOB dicabut semua sudah siap berdiri dan tinggal dilaksanakan. Luruskan Niat  Rapatkan Barisan dan Terus Bekerja,” tandas Pedro.(Jeff/Adv)