Soal Penangkapan Terduga Teroris di Pohuwato, Gubernur Gorontalo Usul Hidupkan Siskamling

Soal Penangkapan Terduga Teroris di Pohuwato, Gubernur Gorontalo Usul Hidupkan Siskamling

15/02/2021 19:09 0 By Alex

Terduga Teroris Gorontalo

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat memberikan arahan pada rapat evaluasi program kerja bersama Pemkab Pohuwato, Senin (15/2/2021). (F. Salman)

Hulondalo.id – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengusulkan menghidupkan kembali Sistem Keamanan Keliling (Siskamling), di mana yang paling khusus di Kabupaten Pohuwato menyusul penangkapan 7 terduga teroris oleh Densus 88 Antiteror, beberapa waktu lalu.

“Saya berpikir, harus kita hidupkan lagi siskamling. Pak Kapolda juga pak Danrem sangat setuju untuk membantu Babinsa yang memang belum maksimal,” kata Gubernur Rusli Habibie saat rapat evaluasi program kerja bersama Pemkab Pohuwato, Senin (15/2/2021).

Rusli mengatakan, penangkapan terduga teroris di Kabupaten Pohuwato cukup mencengangkan masyarakat. Pasalnya, itu berbanding terbalik dengan Provinsi Gorontalo yang pernah mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat sebagai daerah teraman di Indonesia.

“Kemarin saya kaget, kita semua kaget dengan pemberitaan ditemukannya 7 orang yang masih kerabat dekat teroris yang merupakan penduduk Marisa. Saya di telpon kiri kanan ditanyai, saya jawab sudah ditangani oleh pihak Densus 88. Dan silakan bertanya ke sana karena saya takut menjawab, takutnya jawaban saya salah atau tidak pas,” urai Rusli.

Olehnya dengan mengaktifkan kembali Siskamling, diharapkan menjadi salah satu langkah strategis yang bisa digalakkan oleh masyarakat Pohuwato.

“Bayangkan, Babinsa di Provinsi Gorontalo khususnya yang ada di desa-desa itu tidak mencapai 80%. Ada satu Babinsa yang meng-cover 2 sampai 3 desa yang seharusnya satu Babinsa satu desa. Inilah kenapa partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan,” tandas dia.(adv/alex)