Soal Perencanaan, Pohuwato Jagonya!!

Soal Perencanaan, Pohuwato Jagonya!!

16/03/2019 17:24 1 By Yadin

Tampak, Kepala Baperlitbang Irfan Saleh memaparkan perencanaan Pohuwato di provinsi.

Hulondalo.id – Pohuwato menjadi kabupaten terbaik satu dalam pelaksanaan dan perencanaan pembangunan daerah se Provinsi Gorontalo. Dengan begitu, Pohuwato akan mewakili Provinsi Gorontalo melakukan paparan di Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional).

Kepala Baperlitbang Pohuwato Irfan Saleh mengatakan, Kabupaten Pohuwato berhasil mendapatkan predikat terbaik 1 pada penilaian PPD (Penghargaan Pembangunan Daerah). “Alhamdulillah setelah rangking satu provinsi untuk apresiasi pencapaian dan perencanaan pembangunan (anugerah pangripta), sekarang masuk 17 besar nasional. Dan akan paparan lagi di Bappenas untuk mendapatkan 10 besar,” ungkap Irfan Saleh dengan penuh rasa syukur.

“Prestasi ini adalah prestasi seluruh OPD dan warga masyarakat dibawah kepemimpinan pak bupati dan pak wakil bupati,” tuturnya.

Dan sambung Irfan, proses penilaiannya  sangat ketat dan mengacu langsung pada pencapaian pembangunan seperti pertumbuhan ekonomi, IPM (indeks pembangunan manusia) serta kemiskinan.

Selain itu, inovasi pemerintah daerah juga ikut dinilai. Nah, inovasi yang turut mendukung Pohuwato lolos di provinsi dan akan bertanding lagi difinal nasional adalah inovasi rumah sehat komunal berbasis kecamatan atau rumah gratis. “Gagasan murni pak bupati ini dinilai sangat relefan mendukung program nasional seratus kosong seratus, program sejuta rumah dan penurunan kemiskinan,” jelas Irfan.

Irfan kemudian menambahkan, penilaian tahap IV penghargaan pembangunan daerah ini akan dilaksanakan 20-21 Maret 2019 di Jakarta. Nah, daerah-daerah yang berhasil masuk 10 besar nantinya akan mendapatkan tambahan DID (Dana Insentif Daerah). “Mudah-mudahan Pohuwato bisa masuk 10 besar itu,” harap Irfan. (dhin)