Soal TKA Masuk Gorontalo Saat PPKM, Sofyan: Kami akan Telusuri

Soal TKA Masuk Gorontalo Saat PPKM, Sofyan: Kami akan Telusuri

09/08/2021 20:18 0 By Maman

Sofyan Puhi Audiensi Ampera

Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Sofyan Puhi saat menerima Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Peduli Provinsi Gorontalo (Ampera) di ruangan Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo. (F. Inkri)

Hulondalo.id – Penelusuran akan dilakukan DPRD Provinsi Gorontalo terhadap masuknya 6 Tenaga Kerja Asing (TKA) ke Gorontalo, saat PPKM sementara berjalan. Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Sofyan Puhi juga mengatakan, akan melakukan RDP.

“Kami akan menelusuri lebih lanjut terkait TKA yang masuk disalah satu perusahaan di Bone Bolango baru-baru ini, apakah TKA ini benar-benar dari China atau TKA yang sudah menetap di Indonesia lalu pindah ke Gorontalo,” ungkap Sofyan kepada Hulondalo.id usai menerima audiensi mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Peduli Provinsi Gorontalo (Ampera), Senin (9/8/2021).

Sofyan menilai, saat ini TKA di Indonesia ada yang sudah menetap dan masuk diberbagai daerah.

“Kita akan undang kantor Imigrasi, Dinas Nakertrans dan perusahaan, untuk mengklarifikasi, pekan depan kita akan melakukan rapat dengar pendapat” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, dalam hal TKA ini, ada ketentuan yang mengikat terkait RPTKA yang ada di Gorontalo atau di Indonesia. Mereka kata Sofyan, memiliki izin untuk bekerja sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Lanjut dijelaskan Politisi Nasdem ini, TKA masuk sesuai dengan kompetensi yang ada. Kalau hanya sekedar melakukan pekerjaan yang bisa dikerjakan warga Gorontalo, Sofyan meminta, tidak perlu dilakukan.

“Kita juga akan meminta kantor imigrasi, memperlihatkan dokumen untuk tinggal di Indonesia atau tidak, karena penerbangan dari luar negeri masih ditutup untuk masuk di Indonesia, nanti kita lihat di RDP nanti,” tandasnya. (Inkri/Adv/Hulondalo.id)