Sore Nanti, Gorontalo bisa Lihat Gerhana Matahari Cincin

Sore Nanti, Gorontalo bisa Lihat Gerhana Matahari Cincin

21/06/2020 06:32 0 By Syakir

sumber: freepik.com

Hulondalo.id – Fenomena alam gerhana matahari cincin diperkirakan akan terjadi hari ini, Ahad (21/6/2020), sekitar sore hari. Gerhana matahari cincin sendiri terjadi ketika matahari, bulan dan bumi tepat berada dalam satu garis sejajar. gerhana ini sendiri akan melewati 432 pusat kota dan kabupaten di 31 provinsi, salah satunya Gorontalo.

Kepada hulondalo.id, Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Bandara Djalalludin Gorontalo mengatakan Kontak awal terjadi sekitar pukul 15.28 WITA sedangkan puncak gerhana matahari cincin di Gorontalo akan terjadi sekitar pukul 16.31 WITA dan 16.32 WITA.

“Untuk Gorontalo sendiri, fenomena alam ini akan melewati Kota Gorontalo, Marisa, Tilamuta, Kwandang, Limboto dan Suwawa.” ujar Nurhuda, Sabtu (20/6/2020). Magnitudo gerhana matahari cincin sendiri di Gorontalo terentang antara 0,361 hingga 0,382 di Kwandang.

Bagi masyarakat yang ingin melihat fenomena Gerhana Matahari Cincin, Nurhuda berpesan agar tidak menggunakan mata telanjang, karena dapat merusak indera penglihatan.

“Gunakan kamera pinhole, kacamata matahari, teleskop atau binokuler, untuk kamera DSLR gunakan filter khusus matahari selain itu jangan melihat melalui pantulan air atau cermin,” tukas Nurhuda. (ika)