Sosialisasi 4 Pilar, Ini Pesan Ustad Bahmid Kepada Para Penyuluh Agama

Sosialisasi 4 Pilar, Ini Pesan Ustad Bahmid Kepada Para Penyuluh Agama

20/01/2019 03:51 0 By Alex

Anggota DPD RI Abdurrahman Abubakar Bahmid bersama Kepala Kemenag Gorut Arfan A Tilome pada sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan.

Hulondalo.id – Penyuluh agama memiliki peran penting dalam hal pendekatan kepada masyarakat dengan bimbingan bahasa-bahasa keagamaan.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Abdurrahman Abubakar Bahmid pun tidak menampik peran penyuluh agama yang sangat penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, terutama dalam bingkai 4 pilar kebangsaan.

Hal itu terungkap pada sosialisasi Empat Konsensus Dasar Bernegara 4 Pilar Kebangsaan yang digelar di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Jumat (18/1/2019). Hadir juga pada kesempatan itu, Kepala Kemenag Gorut, Arfan A Tilome.

“Empat pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika adalah warisan para pendiri bangsa yang harus dipahami dan diimplementasikan dalam berbagai dimensi strategis kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara guna mewujudkan kekuatan bangsa,” jelas Anggota DPD RI Abdurrahman Abubakar Bahmid, pada sosialisasi tersebut.

Pria yang familiar disapa Ustad Bahmid ini mengatakan, mengingat tahun 2019 adalah tahun politik, masyarakat Indonesia sedang dihadapkan dengan berbagai dinamika yang rentan akan isu perpecahan. Belum lagi gempuran hoaks atau berita bohong yang bertebaran di media sosial yang hampir tidak bisa diredam.

“Tentunya, ini membutuhkan penyejuk dan perlu membangun kebersamaan dengan masyarakat. Dengan penyuluh agama, minimal masyarakat secara tidak langsung punya teladan. Atau penyuluh ikut proaktif melakukan kegiatan yang menyentuh masyarakat dengan pendekatan religius untuk meredam konflik, isu SARA hingga berita hoaks,” kata Bahmid yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Gorontalo ini.

Sesi tanya jawab pada sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang dipimpin oleh Anggota DPD RI Abdurrahman Abubakar Bahmid dan Kepala Kemenag Gorontalo Utara, Arfan A Tilome

Jika masyarakat bisa menghayati 4 Pilar Kebangsaan, Bahmid yakin isu perpecahan, perbedaan dan berbagai dinamika lainnya dalam menghadapi tahun politik ini bisa diredam. “Perbedaan itu biasa, tapi kita yang hancur-hancuran. Nah, peran penyuluh agama, termasuk tokoh agama sangat penting disini,” tandas Bahmid.

Sementara itu, Kepala Kemenag Gorut, Arfan A Tilome menyampaikan terima kasih atas kunjungan Anggota DPD RI Abdurrahman Abubakar Bahmid, yang telah memberikan materi yang sangat penting kepada para penyuluh agama di lingkungan Kemenag Gorut. Arfan berharap apa yang sudah disampaikan Ustad Bahmid tersebut menjadi bekal para penyuluh agama untuk meningkatkan kapasitasnya di mata masyarakat demi kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia, khususnya di Gorut.(Alex)