Sosialisasi Internet Desa, Bupati Indra: Jangan Manual Lagi

Sosialisasi Internet Desa, Bupati Indra: Jangan Manual Lagi

24/06/2021 22:49 0 By Maman

Sosialisasi Internet Desa Bupati Indra

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin saat menyampaikan sambutan dalam Sosialisasi Internet Desa. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Dunia digital saat ini diakui Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, termasuk dalam salah satu penentu maju tidaknya suatu desa.

Penggunaan internet kata Bupati, tak bisa dibendung lagi. Sistem informasi saat ini kata dia, harus lebih cepat dan tidak boleh manual seperti jaman dulu.

“Informasi dari desa harus cepat ke kecamatan sampai di kabupaten, bahkan ke tingkat nasional, kita tidak boleh manual lagi, kalau tidak, kita akan ketinggalan dari semuanya,” kata Bupati usai membuka Sosialisasi Internet Desa di Dinas Kominfo Gorontalo Utara, Kamis (24/6/2021).

Bupati juga mengatakan, sosialisasi tersebut sudah sejalan dengan visi misi pemerintahannya yaitu, Gorontalo Utara Digital Village (Desa Digital).

Bupati berharap, dengan sosialisasi tersebut, desa-desa di Gorontalo Utara dari waktu ke waktu sudah tidak ada lagi desa yang sangat tertinggal.

“Desa yang tertinggal saat ini masih ada 14 Desa, tapi 90 lebih sudah menjadi desa berkembang, 14 desa maju dan 2 desa mandiri,” ujar Bupati.

“Saya berharap, kedepan kalau bisa tinggal 3 kategori desa di Gorontalo Utara yaitu, desa berkembang, maju dan mandiri,” tambah Bupati.

Pemerintahan desa kata Bupati, harus digital. Dan itu adalah kesempatan bagi desa untuk memperkenalkan apa saja produksi yang ada di desa itu.

“Misalnya ada beras atau apa, keunggulannya itu boleh diposting atau akses melaui internet dan pasti ada orang baca disitu, yang secara tidak langsung dia bisa memasarkan apa saja produk keunggulan yang ada di desanya,” jelas Bupati.

Olehnya pada sosialisasi tersebut, Bupati mengajak para Camat untuk hadir termasuk perwakilan dari desa. Nantinya kata Bupati, sosialisasi tersebut juga akan dilaksanakan dimasing-masing kecamatan agar desa-desa bisa mengetahui.

“Saya berharap semua desa, semua kecamatan bahkan dinas-dinas yang melakukan pelayanan publik seperti dinas kesehatan, pertanian harus sudah menggunakan internet,” (Prin/Adv)